Mengenang Pertempuran Laut Arafuru, Lantamal III Jakarta Menggelar Peringatan Hari Dharma Samudera

Mengenang Pertempuran Laut Arafuru, Lantamal III Jakarta Menggelar Peringatan Hari Dharma Samudera

Media Cakra101.com Jakarta. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. memimpin upacara tabur Bunga pada peringatan hari Dharma Samudera tahun 2019.  Upacara tabur Bunga yang diselenggarakan oleh Pangkalan Utama Angkatan laut III Jakarta (Lantamal) Jakarta .  ini dihadiri sejumlah unsur dari TNI Angkatan Laut dan sejumlah undangan. Peringatan hari Dharma Samudera berlokasi di Dermaga Sunda Pondok Dayung, Tanjung Priok. Rangkaian peringatan hari Dharma Samudera diisi dengan beberapa acara diantaranya pelarungan karangan bunga oleh inspektur upacara, pembacaan doa,, dan ditutup dengan tabur bunga oleh para undangan bserta ramah tamah.

Hadir sebagai peserta dalam upacara tabur bunga adalah Deputasi Perwira Tinggi (Pati) TNI, Perwira menengah (Pamen) TNI, Pejabat pemerintahan/ muspida, Unsur Maritim serta pasukan Upacara yang terdiri dari Korsik Lantamal III, Perwira Pertama (Pama), Bintara Lantamal III, Tamtama Kolinlamil, Marinir Kormar, Kowal Koarmabar, Gabungan unsur maritim dan Pramuka Saka Bahari. Upacara yang berlangsung singkat namun khidmat ini juga dihadiri para tamu undangan yang terdiri dari Pejabat Teras Kementrian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI), Sekretaris Kementrian Koordinator Maritim, Dirjen PSDKP, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kabamkala (Kepala Badan Keamanan Laut), Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), TNI AD, TNI AL, TNI AU dan POLRI, Gubernur DKI, Walikota Jakarta Utara Unsur Maritim, Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL), Yayasan TNI AL, Warakawuri dan keluarga pelaku sejarah ABK KRI Macan Tutul serta Jalasenastri.

Peringatan hari Dharma Samudera kali ini bertempat di geladak kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso-990. Upacara tabur bunga di laut merupakan wujud pemberian penghargaan dan penghormatan sekaligus mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara dan Bangsa Republik Indonesia. Hari Dharma Samudera diperingati setiap tanggal 15 Januari untuk mengenang terjadinya pertempuran heroik di laut Arafuru pada tanggal 15 Januari 1962, dimana KRI Macan Tutul beserta Komodor Yos Sudarso dan sejumlah ABK (awak buah kapal) gugur dalam tugas.

Kegiatan yang diselenggarakan rutin tiap tahun ini memberikan kesan tersendiri bagi keluarga pelaku sejarah pertempuran di laut Arafuru.  Endah Prameswari, putri dari almarhum Purn. Kolonel laut (T) Machfoed Abdul Chamid yang merupakan kepala kamar mesin KRI Macan Tutul merasa bangga dan terenyuh, membayangkan sang Ayah sebagai salah seorang korban selamat dalam pertempuran di laut Arafuru. Peringatan Dharma Samudera mengingatkannya akan sebuah tanggung jawab “mesti berbakti pada negeri tercinta karena para orang tua dulu sudah begitu besar berjuang untuk bangsa dan negara, sekarang tugas kita anak-anak muda”, ujarnya

Enden/Dian. Mc101

.

loading...