Angkasa Expo dan Halim AFB Open Day Memamerkan Helikopter VIP

Angkasa Expo dan Halim AFB Open Day Memamerkan Helikopter VIP

Media Cakra101-Jakarta. Yayasan Ardhya Garini yang dibawah naungan TNI AU menyelenggarakan acara Angkasa Expo dan Halim Open Day 2019.  Acara ini diadakan selama tiga hari (08-10 Februari 2019) dengan bertujuan untuk memperkenalkan sekolah yang terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Tidak hanya pameran pendidikan, Expo ini juga mengadakan pameran pesawat yang dimiliki oleh TNI AU. Sehingga menambah antusiasme masyarakat untuk mengunjungi expo ini. Salah satu pesawat yang dapat kita lihat adalah Helikopter jenis NAS 332 Super Puma dengan No Series : H-3205.

Dok. Helikopter Super Puma Tipe Caracal HT-7204 dalam acara Angkasa Expo dan Halim AFB Open Day 2019 di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma (Media Cakra Foto : Navi MC101)

Dalam pantauan Media Cakra, panitia yang menjaga stand pameran pesawat menuturkan bahwa Helikopter H-3205 ini selain digunakan oleh RI 1 (Presiden Republik Indonesia) juga digunkan oleh RI 2 ( Wakil Presiden Republik Indonesia) dan RI 3 ( Tamu Negara). Helikopter yang diresmikan pada tanggal 11 November 2011 ini berkapasitas 8-12 orang. Helikopter H-3205 yang dipamerkan ini dimiliki oleh Skadron 45 dan dipelihara di Skadron Teknologi TNI AU Halim Perdanakusuma. Akan tetapi, jika helikopter digunakan dalam jarak jauh dan butuh perawatan, maka helikopter ini harus segera mendarat di Pangkalan TNI AU terdekat.

Tidak hanya itu, helikopter yang digunakan untuk mengawal helikopter VIP ini juga dipamerkan tepat disamping Helikopter H-3205 , dengan helikopter Super Cougar Tipe Caracal dengan No Series: HT-7204. Helikopter ini dimiliki oleh TNI AU Pangkalan Atang Senjaya, Bogor, dengan kapitas maksimal 24 orang. (Sin)

loading...