KOMANDAN PASMAR 2 SAMBUT KEDATANGAN SATGASMAR AMBALAT XXIII

KOMANDAN PASMAR 2 SAMBUT KEDATANGAN SATGASMAR AMBALAT XXIII

Media Cakra101-Sidoarjo. Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M yang diwakili oleh Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Hery  Djuhaeri menyambut kedatangan prajurit Pasmar 2 Korps Marinir yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXIII di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo. Selasa (19/02/2019).

Sebanyak 130 prajurit Pasmar 2 tergabung dalam Satuan Tugas Marinir Ambalat XXIII dibawah pimpinan Kapten Marinir Yusuf Muchram Pribadi. 

Dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Pasmar 2, Komandan Pasmar 2 menyampaikan ucapan selamat datang dan bergabung dengan induk pasukan  serta selamat bertemu kembali dengan keluarga setelah kurang lebih sepuluh bulan melaksanakan tugas negara untuk menjaga perbatasan Sebatik,  Kalimantan Utara demi menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Disampaikan pula oleh Komandan Pasmar 2 bahwa Ambalat adalah blok laut dengan luas mencapai 15.235 kilometer persegi yang terletak di Laut Sulawesi atau Selat Makassar dan berada didekat perpanjangan perbatasan darat antara Sabah – Malaysia dan  Kalimantan Utara – Indonesia. 

“Saya percaya kalian telah mampu melaksanakan tugas menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI di Blok Ambalat dengan sebaik-baiknya, dampaknya bisa kita lihat dan kita rasakan bahwa keamanan serta ketahanan di Blok Ambalat semakin kondusif, selain itu masyarakat juga merasa tenang dan nyaman dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari,” kata orang nomor satu di Pasmar 2 itu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa keberhasilan dalam melaksanakan tugas akan memiliki kebahagiaan dan kepuasan tersendiri dalam kehidupan sehari – hari, apalagi jika diikuti dengan rasa iklas dan tulus sebagai sarana beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa,  Allah Subhanahu Wa Ta’alla. 

“Penugasan yang kalian laksanakan ini merupakan sebagian dari tinta emas Korps Marinir dan bukti bahwa Korps Marinir selalu hadir dalam setiap Palagan, saya bangga kepada kalian semua, karena telah dapat membawa misi Korps Marinir dan menyelesaikan penugasan ini dengan baik,” tegasnya.

Orang nomor satu di Pasmar 2 itu mengharapkan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXII agar menjadikan penugasan sebagai pengalaman yang berharga sekaligus sebagai kehormatan dan kebanggaan bagi prajurit dan keluarganya. Melupakan dan meninggalkan kesan buruk yang telah dialami di daerah penugasan dan memetik pengalaman itu agar tidak terulang kembali pada penugasan yang akan datang. Selain itu, juga jangan menodai arti penugasan dengan perbuatan tercela, sehingga kerja keras yang telah dilaksanakan hanya akan menjadi kenangan yang tidak berarti. 

Sebelum mengakhiri amanatnya, Komandan Pasmar 2 menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani yaitu segera menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan satuan, melaksanakan tertib administrasi khususnya pengembalian inventaris pinjaman senjata, melanjutkan pembinaan keluarga dan menghindari pola hidup konsumtif serta memanfaatkan waktu istirahat untuk recovery kesehatan serta selalu menjaga keselamatan.

Dispen Kormar /MC101-W001

loading...