RUMKITAL MARINIR CILANDAK GELAR PELATIHAN BTCLS

RUMKITAL MARINIR CILANDAK GELAR PELATIHAN BTCLS

Media Cakra 101 – Jakarta. Dalam rangka menyambut ulang tahun ke-51 Rumkital Marinir yang jatuh pada tanggal  23 Maret 2019 dan bertepatan dengan ulang tahun PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) ke-45, maka Rumkital Marinir Cilandak melaksanakan Pelatihan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Live Support) bekerja sama dengan Jakarta Medical Service dan Training 119.

Pelatihan ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perawat di dalam menangani pasien untuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan dalam kasus gawat darurat.

BTCLS ini adalah sebagai wujud pemantapan personil RSMC agar lebih memahami dalam cara menolong korban gawat darurat dengan tepat, cepat, cermat, terencana, dan terkendali.

Pelatihan dilaksanakan di Ruang Dahlia Rumkital Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis sampai dengan Minggu (28 Februari – 3 Maret 2019).

Acara Pelatihan dibuka oleh Wakil Komandan Rumkital Marinir Cilandak Letkol Laut (K) dr Sujoko Purnomo, Sp.B mewakili Komandan Rumkital Marinir Cilandak Kolonel Laut (K/W) dr Jati Berandini Prastiwi, MARS.

Dalam amanatnya, Danrumkit menyampaikan, “Dengan Pelatihan BTCLS dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan perawat di dalam menangani masalah kegawat-daruratan akibat trauma dan gangguan sirkulasi pada sistem kardiopulmonar untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan jiwa dan meminimalisir kerusakan organ serta mengurangi angka kematian dan kecacatan penderita, serta menyegarkan (refresh) kembali kemampuan perawat didalam kompetensi kegawat-daruratan.”

Hadir dalam acara tersebut; Ka SPI (Ketua Satuan Pengawas Internal) Kolonel Laut (K) Yunan Niriawan, SE, MM, Koordinator Ahli Bidang Keperawatan Kolonel Laut (K) Junaedi, SKM, serta  Kepala Bagian RSMC. Untuk bagian peserta diikuti oleh para Perawat berjumlah lima puluh lima personil.

Dalam pelaksanaan BTCLS ini diketuai oleh Letnan Kolonel  Laut (K) Amir Widiyanto, S.Kep, MKM yang kesehariannya adalah sebagai Ketua Komite Keperawatan Rumkital Marinir Cilandak.

Materi bahasan yang diberikan yaitu teori di kelas dan praktek lapangan. Narasumber penerang materi diantaranya: 1. dr. Panondang, Sp.B Initial Assesment, 2. Elisabeth Ono M, Ns., M.Kep Building Learning Commitment (BLC), 3. Ronally, Sp.JP.FIHA Penatalaksanaan Kegawat-daruratan Kardiovaskuler, 4. Dr. dr. Prasenohadi, Ph.D, Sp.P(K), KIC Penatalaksanaan Pasien dengan Gagal Napas, Batuk Darah, Terapi Oksigen, Simulasi Chest Tube, 5. Ns Iwan, S.Kep Etikolegal Perawatan Gawat Darurat, 6.Siti Rohimah, Ns., M.Kep, Ns Joko Tim MST 119.

Dengan diadakannya Pelatihan BTCLS ini, diharapkan peserta dapat menerapkan dan melaksanakan perawatan dalam kegawat-daruratan dengan baik dimanapun berada.

Dispen Kormar – MC101

loading...