LATTAP KARU, KASI, DANTON, DANKI DAN DANYON KORPS MARINIR 2019 RESMI DITUTUP

LATTAP KARU, KASI, DANTON, DANKI DAN DANYON KORPS MARINIR 2019 RESMI DITUTUP

Media Cakra101, Jakarta – Komandan Komando Latih Koprs Marinir (Dankolatmar) Kolonel Mar Suliono mewakili Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.Han menutup secara resmi  Latihan Pemantapan (Lattap) Danyon, Danki, Danton dan Kasi Karu Korps Marinir tahun 2019 di lapangan apel Brigif 1 Pasmar 1 Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (09/03/2019).

Acara diawali dengan laporan Komandan Upacara Mayor Mar Dhaning Zhailendra dari Puslatpur 6 Antalina dan Laporan Pelaksanaan Latihan Pemantapan Danyon, Danki, Danton dan Kasi Karu Korps Marinir 2019 oleh Ketua Pelaksana Latihan Letkol Mar Carles A. Lumban Gaol yang memiliki jabatan sehari-hari Danpuslatsus Kolatmar.

Pada kesempatan tersebut Ketua Pelaksana Latihan dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari latihan adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan Komando Satuan setingkat Komandan Satuan Korps Marinir serta meningkatkan kemampuan dan profesionalisme pejabat Danki, Danton, Kasi, Karu sebagai pemimpin lapangan pada satuan terkecil di jajaran Korps Marinir.

“Sasaran yang ingin dicapai pada Lattap Danyon adalah tercapainya peningkatan kemampuan dan keterampilan jabatan komandan satuan setingkat Komandan Batalyon Korps Marinir. Sedangkan pada Lattap Danki Danton menargetkan sasaran agar mampu dan memahami dalam mengaplikasikan materi latihan akademik, mampu dan memahami dalam mengaplikasikan latihan darat serta mampu melaksanakan latihan aplikasi dengan baik dan profesional,” ucap Letkol Mar Carles A. Lumban Gaol.

Lebih lanjut, dikatakan, Lattap Kasi Karu, memiliki sasaran agar mampu meningkatnya kemampuan prosedur pimpinan pasukan secara teknis para Kasi dan Karu pada era informasi dan tehnologi, mampu dan terampil dalam memimpin dan mengendalikan satuan disaat tugas operasi maupun  dibasis secara terarah pada era globalisasi saat ini, meningkatkan militansi para Kasi dan Karu dijajaran Korps Marinir serta mampu memberikan pelajaran secara terarah untuk menjawab tantangan modernisasi militer.

Sementara itu, Dankormar dalam sambutannya yang oleh dibacakan Dankolatmar, menyampaikan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi khususnya Artificial Intelligensi, Autonomous vehicles & Internet of Think mendorong kemajuan tehnologi persenjataan serta perubahan taktis dan strategis militer. Konsep perang konvensional telah berevolusi dan beradaptasi menjadi perang hibrida / irregular warfare. Hal ini yang harus segera direspon dengan meningkatkan profesiolnalisme prajurit sesuai strata kepangkatan dan jabatan yang didukung peningkatan pengetahuan dan modernisasi alutsista yang dimiliki Korps Marinir.

“Dihadapkan tantangan dan tuntutan faktual maka perlu adanya peningkatan kemampuan  prajurit Korps Marinir menjadi seorang Ekspedisioner dan Multi-Rol guna menjadi pasukan pendarat yang profesional, oleh karena itu, melalui kegiatan latihan pemantapan ini diharapkan peran Danyon, Danki, Danton, Kasi sampai dengan Karu tiap-tiap satuan akan lebih meningkat dan mampu menjawab segala tantangan dan tuntutan tersebut ”, ungkap Dankormar.

Upacara penutupan ditandai dengan pelepasan secara simbolis tanda peserta latihan yang mewakili penyelenggara dan pendukung yang berjumlah 101 orang, terdiri dari 59 orang pelatih ,36 orang Danyon, 202 orang Danki dan Danton serta 250 orang Karu dan Kasi.

Hadir pada acara penutupan Lattap tersebut Danmenkav 1 Marinir Kolonel Mar A Sochfan, Danmenart 1 Marinir Kolonel Mar Wahyudi Saputra, Danbrigif 1 Marinir Kolonel Mar Amir Kasman, Asops Pasmar 1Kolonel Mar Nawawi, Pabanren Sops Kormar Lertkol Mar Supriyadi, Paslog Menbanpur 1 Marinir Letkol Mar Imron, Pasops Kolatmar Letkol Mar Tambuna, Pasops Menbanpur 1 Marinir Letkol Mar Yuyun, Pasops Menkav 1 Marinir Letkol Mar Wisnu Syogo, Danpuslatpurmar 6 Antrlina Letkol Mar Ayub Wibowo, Danpuslatpurmar 8 Teluk Ratai Mayor Mar Data dan Kasi Uji Lat Infantri Mayor Mar Triono.

MC101

loading...