Prajurit YONMARHANLAN IX Teriman Penyuluhan Hukum Humaniter Dan Netralitas TNI

Prajurit  YONMARHANLAN IX Teriman Penyuluhan Hukum Humaniter Dan Netralitas TNI

Segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon menerima penyuluhan Hukum Humaniter dan Netralitas TNI dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019 oleh Dinas Hukum (Diskum)  Lantamal IX yang dilaksanakan di Markas Salawaku Yonmarhanlan IX Ambon , Maluku. Kamis (11/04/2019).

Dalam penyuluhan yang disampaikan oleh Perwira Dinas Hukum Mayor Laut (KH) Paslan, SH tersebut mengatakan agar seluruh Anggota Yonmarhanlan IX wajib mengetahui tentang prosedur hukum yang berlaku apabila terjadi perang. Dan prajurit harus memahami apa yang boleh dilakukan serta yang harus dihindari agar tidak terjadi kesalahan hukum yang berlaku di dalam peperangan.

Selain itu, dalam paparannya mengenai netralitas TNI dalam menghadapi Pemilu tahun 2019, Perwira Dinas Hukum Mayor Laut (KH) Paslan, SH mengajak seluruh Prajurit Yonmarhanlan IX betul-betul menjaga netralitas TNI dengan tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat mencoreng citra TNI di mata rakyat.

“Saya harapkan kalian mampu menempatkan diri pada posisi netral di berbagai masalah yang timbul di masyarakat pada setiap tahapan penyelenggaraan pemilu  dalam hubungan perorangan dan satuan, serta tidak terlibat dalam penyelesaian persoalan diluar kewenangan TNI”, ucapnya.

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan (Danyonmarhanlan) IX Mayor Marinir Edwin Sinae M. Tr. Opsla menegaskan bahwa Tugas pokok TNI yang merupakan alat Negara yang meliputi Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satu tugas OMSP yang akan kita laksanakan kedepan adalah membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat dalam mensukseskan pesta demokrasi Pemilu tahun 2019.

Hadir dalam acara tersebut Pasiops Yonmarhanlan IX Kapten Marinir Hendra Said, Pasintel Yonmarhanlan IX Kapten Marinir Nasikhin, Pasilog Yomarhanlan IX Kapten Marinir Welhemus Tuarissa, Pasipers Yonmarhanlan IX Kapten Marinir Ari Christian Johanes,Wadan Kima Yonmarhanlan IX Lettu Mai Sutarto dan seluruh Perwira, Bintara, Tamtama Yonmarhanlan IX Ambon.

loading...