Dukung Pelayanan Navigasi Penerbangan, TNI AU Tanda Tangani Kerja Sama Dengan Perum LPPNPI

Media Cakra101, Jakarta.- Penggunaan ruang udara bandara dan Pangkalan TNI AU secara bersama-sama, memerlukan dukungam layanan navigasi penerbangan yang prima.  Langkah tersebut untuk memastikan agar aspek keselamatan penerbangan dan  pertahanan keamanan nasional dapat diwujudkan.  Untuk mendukung layanan tersebut, TNI AU menandatangani kerja sama dengan Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI).

Penandatanganan perjanjian dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dan Direktur Utama (Dirut) LPPNPI Ir. Novie Riyanto R, MSEA., di Auditorium Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (26/4/2019).

“Kerjasama ini untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan navigasi penerbangan di ruang udara bandara dan Lanud yang digunakan bersama, sehingga keselamatan penerbangan dan pertahanan keamanan nasional dapat diwujudkan,” ujar Kasau.

Lebih lanjut dikatakan Kasau, perjanjian kerjasama ini dibuat sebagai dasar dalam pembuatan Letter of Operation Coordination Agreement (Loca) yang digunakan sebagai pedoman untuk memberikan pelayanan navigasi penerbangan oleh personel Air Traffic Control (ATC) dari TNI AU dan LPPNPI.

“Dengan adanya perjanjian kerjasama ini dapat terwujud simbiosis mutualisme,  kerjasama yang saling memberi manfaat bagi kedua belah pihak pada aspek pembinaan kelancaran dan ketertiban pelayanan navigasi udara dalam upaya mencegah terjadinya accident, dan incident pada penerbangan Indonesia,”  ujar Kasau.

Hadir pada acara tersebut, Wakasau, Koorsahli Kasau, Irjenau, Para Asisten Kasau, Pangkoopsau I, II, dan III, Dankodiklatau, Kadiskumau, Dewan Pengawas Perum LPPNPI dan para Pejabat di lingkungan Perum LPPNPI.

MC101- Dispen AU

 

loading...