Danpasmar 2 Buka Geladi Posko I Opsrat Nusantara Sakti Pasmar 2 TA 2019

Media Cakra101, Surabaya.- Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M. secara resmi membuka Geladi Posko I Opsrat Nusantara Sakti Pasmar 2 TA 2019 bertempat di ruang serba guna Yonarhanud 2 Mar, Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya. Selasa (07/05/2019)

Pembukaan geladi posko tersebut di tandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan peserta latihan. Adapun tema latihan kali ini “Pasmar 2 melaksanakan geladi posko I operasi darat di Surabaya, dalam rangka meningkatkan kemampuan profesionalisme para Komandan dan staf dalam proses pengambilan keputusan militer pada pelaksanaan operasi darat”

Dalam amanatnya Danpasmar 2 mengucapkan selamat menuaikan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankan, diiringi harapan semoga kegiatan latihan ini tidak mengganggu kekhusukan ibadah puasa dan latihan ini jadikan sebagai sarana untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lebih lanjut dikatakan, Korps Marinir di samping sebagai pasukan pendarat (Pasrat) dalam operasi amfibi, juga memiliki kemampuan operasi darat yang dapat tergabung dalam organisasi tugas Kogasratgab. Hal ini, selaras dengan tugas pokok Pasmar 2 yaitu “Membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan tempur unsur-unsurnya dalam melaksanakan operasi pendaratan amfibi, pertahanan pangkalan TNI Angkatan Laut, operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis serta tugas-tugas operasi tempur lainnya”.

Latihan geladi posko I ini, merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan untuk melatih para komandan dan staf dalam merencanakan operasi, pengambilan keputusan militer, menerapkan taktik dan teknik operasi, melaksanakan olah yudha kodal operasi serta menerapkan prosedur dan tata cara kerja yang berlaku di suatu pos Komando.

“Latihan ini bukanlah suatu hal yang baru di lingkungan Korps Marinir, namun demikian kita harus tetap melaksanakannya dengan serius serta dilandasi motivasi dan dedikasi, sehingga melalui kegiatan ini kita dapat melaksanakan evaluasi dan introspeksi” kata Danpasmar 2 di akhir amanatnya.

Turut hadir pada acara tersebut, para Asisten Danpasmar 2, para Dankolak/Satlak Pasmar 2 serta perwira lainnya dijajaran Marinir wilayah Surabaya.

MC101-Dispen Kormar

loading...