PRAJURIT PASMAR 3 SORONG PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

Media Cakra101, Sorong.- Seluruh Prajurit Pasmar 3 Sorong melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2019, Komandan Resimen Bantuan Tempur-3 Marinir (Danmenbanpur-3 Mar) Kolonel Daniel Krueta bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos, M.M, bertempat di Lapangan Apel Markas Komando Brigade Infanteri-3 Marinir Katapop Distrik Salawati Kab. Sorong Papua Barat. Sabtu (01/06/2019)

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI (Ka BPIP RI) yang dibacakan oleh Danmenbanpur-3 Mar Kolonel Marinir Daniel Krueta antara lain menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari Tuhan YME buat Bangsa Indonesia walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke Indonesiaan baik secara bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, keberagaman kondisi geografis, flora dan fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang onklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

Berkat Pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai Bintang dan Penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi Identitas Nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika.

Diakhir sambutannya Kepala BPIP RI mengatakan, melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi Politik Harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersama membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun , damai, adil dalam kemakmuran dalam kejayaan Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasilidpur Sintel Brigif-3 Mar Mayor Marinir Rohmat Silitonga, S.E., Perwira Staf Personel Brigif-3 Mar Mayor Marinir Hermawan Rivano H dan seluruh Perwira serta Prajurit Pasmar 3.

MC101-Dispen Kormar

 

loading...