Cope West 2019: “Ground Crew dan ACMI di Balik Kelancaran Latihan”

Media Cakra101, Manado.- Hingga hari kesembilan, pelaksanaan latihan bersama (latma) Cope West 2019 antara TNI AU dengan USAF, seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Hal ini tak terlepas dari peran serta dukungan yang diberikan para teknisi (ground crew) dan peranti Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) yang terlibat dalam latma ini.

“Agar latihan dapat berjalan lancar, kesiapan pesawat merupakan prioritas utama,” ujar Kepala Seksi Pemeliharaan (Kasihar) Skadron Udara 3 Mayor Tek Nurma Yoga P., di Lanud Sam Ratulangi Manado, Selasa (25/6/2019).

Ditambahkannya, sebelum berangkat dari pangkalan induk (home base), baik personel yang ditugaskan maupun dukungan suku cadang yang diperlukan telah disiapkan dengan baik agar latihan dapat berjalan lancar.

Sementara Kapten Lek M. Jafar, salah seorang pengawak ACMI mengatakan, dukungan yang diberikan dalam bentuk data serta grafis selama kegiatan penerbangan.

“Data ini nantinya akan digunakan para penerbang, baik dari TNI AU ataupun USAF, sebagai bahan evaluasi kegiatan penerbangan yang telah dilaksanakan saat pelaksanaan taklimat akhir (debrief),” tutupnya.

MC101-Dispenau

loading...