LSD Sebagai Upaya Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Petarung

Media Cakra101, Sorong.- Dalam rangka meningkatkan kemampuan naluri tempur dan profesionalisme prajurit, Brigade Infateri-3 Korps Marinir (Brigif-3 Mar) menggelar Latihan Satuan Dasar II (LSD II) TW. II TA. 2019 Aspek Darat di Medan Latihan Katimin Kel. Motolowot Distrik Salawati Kab. Sorong Provinsi Papua Barat. Kamis (01/08/2019)

Latihan Aspek Darat yang dilaksanakan selama 3 hari ini, dilaksanakan di Medan Latihan yang baru dan sengaja dipilih medan latihan yang baru agar Prajurit Petarung Brigade Infanteri-3 Korps Marinir menguasai karakter medan latihan yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Sorong.  Untuk Aspek Darat ini diawali dengan problem Gerakan Maju Untuk Kontak (GMUK) dilanjutkan dengan Serangan, Dinamika Pertahanan dan di akhiri dengan Lintas Medan (Limed).

Komandan Brigade Infanteri-3 Korps Marinir (Danbrigif-3 Mar) Kolonel Marinir Dede Harsana mengatakan bahwa kegiatan latihan ini sekaligus menunjukkan tekat untuk selalu mengoptimalkan pembinaan Prajurit Petarung Brigif-3 Mar dalam upaya meningkatkan profesionalisme prajurit. Dengan tegas orang nomor satu di jajaran Brigade Infanteri-3 Korps Marinir itu mengatakan sebagai bagian integral dari Korps Marinir Brigif-3 Mar mempunyai tugas pokok menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bersama satuan – satuan TNI lainnya, oleh karena itu perlu mengadakan suatu upaya kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan prajurit. “Profesionalisme yang baik dan handal hanya akan dimiliki oleh kesatuan-kesatuan yang selalu berlatih dan terus berlatih,” tegasnya.

Lebih lanjut Danbrigif-3 Mar menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan latihan ini, diharapkan mampu memberikan gambaran positif dalam diri masing-masing prajurit mengenai organisasi di medan operasi, rantai komando, PKT PKM dan manuver pasukan dalam hubungan kelompok, regu serta pleton yang merupakan tugas dan tanggung jawabnya dalam menghadapi penugasan.

Turut hadir menyaksikan latihan tersebut, Komandan Brigade Infanteri -3 Korps Marinir Kolonel Marinir Dede Harsana, Pasops Brigif-3 Mar Letkol Marinir Didik Iwan S, S.E, M.Tr Hanla, Paban Tik Ops Pasmar 3 Mayor Marinir Dodi Haerudin S, S.E, M. Sc dan Komandan Batalyon Infanteri-11 Marinir Mayor Marinir Moch. Irfan Hilmy, S.E serta para Perwira Staf Brigif-3 Mar.

MC101 – Dispen Kormar

loading...