Marsma Daan Sulfi: Tumbuhkan Karakter Teliti, Peduli, dan Korektif

Media Cakra101, Biak.- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Manuhua Marsma TNI Daan Sulfi, S. Sos memimpin upacara mingguan di lapangan Mako Lanud Manuhua Biak, Senin 19 Agustus 2019.

Pada upacara mingguan yang dihadiri seluruh anggota Lanud, Marsma Daan Sulfi menyampaikan beberapa pedoman sebagai petunjuk untuk dilaksanakan. Pertama dia melansir pendapat Marsdya TNI Hadiyan (mantan Wakasau) yang mengatakan bahwa seorang prajurit Angkatan Udara harus teliti, peduli, dan korektif.

Lebih lanjut Daan Sulfi menjelaskan arti teliti bagi seorang prajurit adalah sikap yang lebih waspada atas tugas dan tanggung jawabnya. Sebagai contoh dalam tugas penerbangan mulai dari perencanaan penerbangan sampai pengakhiran, semua tugas harus diteliti secara seksama dan akurat. Ketelitian mutlak dimiliki seorang prajurit agar tugas berjalan aman dan lancar serta terhindar dari kerugian.

“Peduli adalah memberikan perhatian khusus untuk memperbaiki sesuatu hal yang tidak sesuai dengan aturan, prosedur dan norma. Sebagai contoh ketika kalian sedang melintas melihat ranting pohon di area Lanud, kepedulian untuk membuang ranting pohon ke tempat sampah. Peduli untuk menjaga kebersihan dan kerapian satuan kita”.

“Korektif adalah sikap memeriksa kembali tugas dan pekerjaan. Mengecek ulang pekerjaan bermanfaat untuk menghindari kesalahan guna menghasilkan kinerja yang optimal. Seorang prajurit harus melakukan koreksi atas pekerjaan anggaota dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan”, ujar Daan Sulfi.

“Tiga pedoman ini bukanlah sesuatu yang luar biasa, ini hal yang biasa yang dapat kita laksanakan, namun kecenderungan sikap malas mempengaruhi kita. Untuk itu mari kita tumbuhkan sikap ini menjadi karakter yang hidup dalam diri kita untuk membangun Lanud Manuhua”, tegas Daan Sulfi.

Setelah upacara Kadispers Kol Adm Hendi Hendarto, S. Sos., menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang baik dalam menyukseskan upacara peringatan ke-74 kemerdekaan RI. Selanjutkan dilaksanakan rapat pejabat Kasi ke atas di ruang Suryadarma untuk evaluasi kegiatan satu minggu dan rencana kegiatan Lanud Manuhua untuk mendukung latihan Kohanudnas.

MC101 – Dispenau

 

loading...