Brigjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., Jabat Asrena Kasad

Media Cakra101, Jakarta.- Dalam rangka pembinaan personel dan menjaga kesinambungan organisasi dalam mendukung tugas pokok TNI AD, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasad dari Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto kepada Brigjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., bertempat di Lantai Dasar Gedung E, Mabesad, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilisnya di Jakarta.

Candra menjelaskan bahwa Asrena Kasad yang baru, Brigjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., sebelumnya menjabat sebagai Kasdam (Kepala Staf Kodam) I/Bukit Barisan. Sementara
Mayjen TNI Dominicus Agus Riyanto selanjutnya akan menjadi Perwira Tinggi (Pati) TNI AD untuk memasuki masa purna tugas,” ungkap Candra.

Dijelaskan Kadispenad bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI AD erat kaitannya dengan upaya pembinaan personel, dalam rangka memantapkan kualitas kepemimpinan dan mengembangkan kemampuan manajerial serta mendukung tugas pokok satuan. Sementara bagi TNI AD, hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesinambungan roda organisasi agar tugas satuan dapat berjalan dengan baik dan bahkan semakin optimal dalam mendukung tugas pokok TNI AD ke depannya.

Ditambahkan Kadispenad bahwa Asrena Kasad merupakan pejabat fungsional pada eselon Pembantu Utama Kasad yang memiliki tugas serta tanggung jawab penting dan strategis dalam hal perencanaan dan anggaran dari seluruh program kerja beserta perencanaan _budgeting_ dari program-program TNI AD. Dengan perencanaan tersebut, program-program tadi diharapkan bisa diwujudkan menjadi kegiatan atau produk nyata yang berjalan baik prosesnya, serta dapat dipertanggungjawabkan kepada negara dan masyarakat.

“Keberadaan Staf Umum Perencanaan dan Anggaran sangat penting bagi TNI AD dalam mewujudkan good governance dan clean government terkait pengelolaan keuangan negara harus diselenggarakan secara profesional, terbuka dan bertanggung jawab,” ungkapnya.

Rangkaian upacara Sertijab Asrena Kasad yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, dilaksanakan prosesi pengambilan sumpah jabatan oleh Kasad, laporan resmi, penandatanganan pakta integritas, dan penandatanganan naskah serah terima jabatan, serta pemasangan tanda jabatan oleh Kasad.

Dalam kesempatan tersebut, para tamu undangan dan peserta upacara juga diajak menyaksikan penayangan _slide show_ dokumentasi foto-foto kegiatan dan perjalanan karier kedua pejabat sejak mengawali karier sebagai prajurit TNI AD hingga menempati posisi saat ini melalui videotron ukuran 30 m x 10 m yang berada di sisi lapangan Mabesad.

Acara Sertijab diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang melaksanakan Sertijab beserta istri oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dengan didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa, serta diikuti tamu undangan lainnya.

Hadir dalam upacara Sertijab tersebut, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Irjenad, para Asisten Kasad, Kasahli Kasad, Kasetumad, Dandenma Mabesad, Wakil Ketua Umum Persit KCK Ny. Dewi Tatang Sulaiman beserta para Pengurus Pusat serta perwakilan prajurit dan PNS TNI AD yang bertugas di lingkungan Mabesad.

MC101-Dispenad

loading...