Kementrian Perhubungan RI Mewisudakan 2.566 Perwira Transportasi

Media Cakra101, Jakarta Pusat.- Kementrian Perhubungan RI menyelenggarakan Wisuda Terpadu di Silang Timur Monumen Nasional DKI Jakarta. Mewisudakan sejumlah 2.566 wisudawan dari 3 Matra. Mengusung tema acara, “Pengembangan SDM yang Berkelanjutan dalam Meningkatkan Daya Saing Global”, yang juga diusung oleh tema Hari Perhubungan Nasional, “Merajut Nusantara, Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan untuk Indonesia Unggul, Indonesia Maju”. Rabu, Pukul, 09:00 WIB, (18/9/2019).

Dalam acara tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, menyampaikan sambutannya sekaligus harapannya bagi para wisudawan, “Syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saya mengucapkan selamat kepada perwira transportasi yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di berbagai program studi di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) yang di wisuda pada hari ini.  Semoga kebahagiaan yang meliputi suasana wisuda ini, mendorong semangat para perwira dalam mengemban tugas, memberikan pelayanan kepada masyarakat dan bangsa dalam bidang transportasi. Sebagaimana kita ketahui, Pemerintah sampai dengan saat ini sedang gencar melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi guna melayani kebutuhan masyarakat dan mengejar ketertinggalan dari negara maju. Tentunya, gerakan ini harus didukung oleh kesediaan SDM yang cukup baik secara kualitas, maupun kuantitas. Sebagaimana telah dicanangkan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo, bahwa tahun 2019 adalah tahun pengembangan SDM yang penejawantahannya dalam HUT RI ke-74 yaitu, “SDM Unggul, Indonesia Maju.” kata menhub.

Selanjutnya  Menhub juga menuturkan bahwa  semakin pesatnya teknologi informasi pada era industri 4.0 (four point “O”), mendorong pemerintah semakin fokus untuk meningkatkan kualitas SDM dengan menitik beratkan tiga hal yaitu, pembangunan karakter positif, peningkatan akses, dan kualitas pendidikan, serta mendorong link and match antara industri dan pendidikan vokasi. Tentunya hal ini menjadi perhatian utama kementrian perhubungan dalam mengembangkan lembaga diklat di lingkungan BPSDM. Dalam hal ini, proses pendidikan yang diterapkan Kementrian Perhubungan melalui BPSDMP, telah memenuhi 4 kriteria kompetensi yaitu, kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk menghadapi perubahan.” Tuturnya.

Lebih lanjut Menhub RI juga menyampaikan sedikit penekanan kewaspadaan serta nilai-nilai konkrit yang harus tetap dipegang erat oleh para Wisudawan/Wisudawati, “Para Perwira Transportasi yang di wisuda pada hari ini, kerja keras, dan perjuangan saudara-saudara selama menempuh pendidikan dan pelatihan telah sampai pada puncaknya, saya berpesan agar tidak berbuat sendiri terhadap keberhasilan yang saat ini dicapai, melainkan agar terus mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di bidang transportasi, serta memupuk sikap profesional. Saya berharap, kalian sebagai perwira dapat terus menjalin komunikasi dan kerjasama sebaik-baiknya dengan sesama alumni untuk memperkuat nasionalisme, dan semangat kebangsaan, di manapun saudara berada. Ada 3 hal pokok yang perlu anda ingat, di manapun saudara bertugas dan berkarya di bidang transportasi yaitu, budaya melayani, budaya keselamatan, serta budaya bekerja keras yang berintegritas. Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat menjadi sumbangsih bagi Bangsa dan Negara, Republik Indonesia.” Terangnya, mengakhiri sambutan.

W012/DN – Rudy

loading...