Hari Kesaktian Pancasila Sebagai Pengingat Sumpah Setia Pancasila Bagi Bangsa dan Negara

Media Cakra101, Lubang Buaya, Jakarta Timur.- Dalam upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2019), kembali dibacakan naskah Ikrar Kesetiaan terhadap Pancasila atau yang disebut sebagai Ikrar. Seusai pembacaan naskah, naskah tersebut ditandatangani secara langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR RI) Periode 2017-2019, Bambang Susatyo.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tahun ini mengangkat tema khusus, “Dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Kita Bertekad Menjaga Keutuhan NKRI yang Berlandaskan Pancasila dan UUD 1945”.

Perihal ini tentunya berkaitan dengan diadakannya pembacaan dan penandatanganan naskah Ikrar yang berbunyi,“Maka dihadapan Tuhan YME, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI. Jakarta, 1 Oktober 2019, atas nama Bangsa Indonesia, Ketua DPR RI Bambang  Susatyo.”

Pembacaan dan penandatanganan naskah Ikrar merupakan peristiwa simbolik akan pembaharuan sumpah untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam menjaga keutuhan NKRI secara keseluruhan. Dalam hal ini tentunya menyangkut para pejabat negara di berbagai lapisan, serta rakyat Republik Indonesia.

W012 – Dian/Rudy

 

loading...