Panglima TNI: Sinergitas TNI dengan Semua Komponen Hasilkan Energi Kemajuan Bangsa

Media Cakra101, Biak.- “TNI harus bahu membahu dan bersinergi dengan komponen bangsa lainnya dalam melaksanakan tugas pokoknya. Semua kekuatan yang bersatu itu akan menghasilkan energi yang luar biasa untuk kemajuan bangsa”.

Hal ini disampaikan Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) III Marsda TNI Andyawan Martono P. SIP., membacakan Sambutan Panglima TNI pada Upacara bersama matra TNI peringatan ke-74 hari jadi Tentara Nasional Indonesia di Lapangan Markas Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Makoopsau) III Samofa Biak, Sabtu (5/10/19).

Lebih lanjut disampaikan Inspektur upacara, “Tugas TNI tidak lepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi perkembangan manusia juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang”, kata Pangkoopsau III.

“Konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas pada satu teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsep-konsep ini pun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi dimasa damai. Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap waktu. Ancaman militer dan nirmiliter berubah dan TNI harus siap menghadapinya”, tegasnya.

Selanjutnya Ia menjelaskan, “Menghadapi kompleksitas ancaman tersebut, diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memerhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan”, jelas Pangkoopsau III.

Setelah upacara Bupati Biak Numfor Herry Aryo Naap memberikan kue dan ucapan selamat ulang tahun TNI yang ke 74 kepada Pangkoopsau III, disaksikan para pejabat TNI di Biak Danrem 170 PVB Brigjen Bachman, Danguskamla, Pangkosekhanudnas IV Marsma Mujianto, Danlanud Manuhua Marsma Daan Sulfi, Danlanal Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmanto. Setelah upacara dilaksanakan defile pasukan dari tiga matra TNI AD, AL, AU.

Peserta upacara melibatkan personel dari satuan-satuan jajaran Angkatan yang ada di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori seperti: Koopsau III, Korem 173/PVB (Praja Vira Braja), Gugus Keamanan Laut (Guskamla), Kosekhanudnas IV, Lanud Manuhua, Lanal Biak, Kodim 1708/BN, Denpom XVII/1 Biak, Satrad 242 Tanjung Warari, Skuadron Udara 27, Yonko Paskhas 468, Lanudal.

Turut juga pasukan upacara dari satuan dari Polres, Brimob, Satpol PP, Sarnas, Pramuka.

MC101 – Dispenau

loading...