Kasad: teruskan Kerja Keras dan Prestasi

Media – Cakra101, Jakarta.-  Dalam peringatan HUT ke-74 Kesehatan Angkatan Darat tahun 2019, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan bahwa kita semua sangat membutuhkan skill dan expertise rekan-rekan Korps Kesehatan Angkatan Darat (Kesad). Teruskan kerja keras dan prestasi.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya, dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Dijelaskan Kadispenad bahwa dalam rangka memperingati hari jadinya yang mengangkat tema “Prajurit Kesehatan yang Unggul dan Profesional, Kita Wujudkan Kebesaran dan Kemajuan Kesehatan Angkatan Darat,” Puskesad menyelenggarakan kegiatan olahraga bersama berupa jalan santai dan senam body combat, bertempat di lapangan Denma Mabesad yang dipimpin oleh Kasad.

Dalam kesempatan tersebut, sambung Candra juga ditayangkan lewat videotron kegiatan donor darah secara serentak di seluruh satuan Kesehatan Angkatan Darat, yang telah dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya dan berhasil mengumpulkan 18.186 kantong darah dari target awal 15.000 kantong darah, juga penayangan acara penyematan Brevet dan Pin Korps Kesehatan serta berbagai kegiatan lainnya.

“Terkait dengan pemberian dan penggunaan brevet serta Pin Korps Kesehatan kepada Prajurit Kesehatan TNI AD, Kasad mengharapkan agar prajurit Kesehatan TNI AD memiliki semangat dan motivasi pengabdian yang lebih tinggi serta kerja yang lebih baik di hari-hari ke depan,”ungkap Candra.

Dalam kesempatan tersebut, sambung Candra, Kasad juga menyematkan Brevet kehormatan Kesehatan Militer kepada 10 Jenderal Purnawirawan Korps Kesehatan TNI AD.

Sementara itu, Kapuskesad Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H., mengatakan bahwa pemberian Brevet Korps Kesehatan Militer berupa Brevet Kesehatan Militer, Brevet Trauma Tempur, dan Brevet Manajemen Madya Rumkit merupakan wujud penghargaan terhadap kemampuan profesionalisme prajurit Kesehatan Angkatan Darat dan sebagai salah satu upaya mewujudkan semangat kebanggaan Korps dan identitas prajurit Kesehatan.

“Brevet Kesehatan Militer adalah suatu tanda kualifikasi yang diberikan kepada prajurit Kesehatan yang telah menempuh pendidikan dasar kecabangan kesehatan. Kemudian, Brevet Trauma Tempur diberikan kepada dokter yang telah menempuh kursus ATLS (Advanced Trauma Life Support) maupun BTLS (Basic Trauma Life Support) Combat. Sedangkan Brevet Manajemen Madya Rumkit diberikan kepada prajurit Kesehatan yang menguasai dan mahir dalam mengelola Rumkit baik sebagai Kepala maupun Staf,” urai Kapuskesad.

Selain Brevet Korps Kesehatan Militer, sambung Kapuskesad, prajurit Kesehatan juga diberikan PIN Kesehatan berdasarkan keahlian yang dimiliki, seperti PIN Dokter Militer, Perawat Militer, Ahli Farmasi Militer serta tenaga kesehatan lainnya.

“Penggunaan brevet dan PIN tersebut telah disahkan dengan Keputusan Kasad Nomor Kep/954/X/2019 Tanggal 11 Oktober 2019, tentang pengesahan Wing/Lencana dan PIN tanda Kualifikasi Kesehatan Angkatan Darat,” ungkap Tugas Ratmono.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penayangan penyerahan Sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (SCPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kepada Lembaga Farmasi (Lafi) Puskesad.

Pihak BPOM yang diwakili Deputi I Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif, Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes dalam sambutannya, sangat mengapresiasi pencapaian dari Kesehatan TNI AD hingga mendapatkan sertifikat dari BPOM RI.

“Kami mengapresiasi keberhasilan lembaga farmasi di jajaran TNI AD dengan memperoleh sertifikat cara pembuatan obat yang baik, merupakan tanda bahwa fasilitas ini boleh memproduksi obat di Indonesia dan juga memiliki nomor izin edar sebagai tanda bahwa produk obat boleh beredar di Indonesia,” ungkapnya.

Rita juga menambahkan keberhasilan tersebut merupakan progres yang sangat baik dan bagus, tentunya membutuhkan pemikiran dan kerja keras dari tim Kesehatan Angkatan Darat khususnya lembaga farmasi sehingga lembaga farmasi di jajaran TNI mampu menghasilkan obat yang aman dan berkhasiat bagi seluruh prajurit TNI dan keluarganya serta masyarakat.

MC101 – Dispenad

loading...