Aspam Kasau: Cerdas Sikapi Upaya Provokasi, Adu Domba, Serangan Cyber dan Penyalahgunaan Medsos

Media Cakra101, Biak.- “Harus cerdas menyikapi perkembangan lingkungan strategis, upaya adu domba, provokasi, penyalahgunaan media sosial, dan serangan cyber; Tingkatkan pengamanan bandara dan Lanud; Pegang teguh netralitas TNI; Kembangkan sense of security dan sense of inteligence; Mantapkan soliditas dan sinergitas internal dan eksternal TNI”.

Pernyataan tersebut merupakan penekanan Aspam Kasau Marsda Tamsil Gustari Malik, SE., yang disampaikan oleh Paban 1 Ren Spamau Kol Sus Budi Eko Pratomo, dalam acara yang bertajuk Safari Intelijen TNI AU, di ruang Sutarjono Lanud Manuhua Biak, Kamis (28/11/2019).

Pada bagian awal ceramah, Kol Budi Eko Pratomo menyampaikan salam dari Aspam Kasau kepada seluruh personel TNI AU yang bertugas di Biak, karena kesibukan dinas, beliau menugaskan kami untuk melaksanakan Safari Intelijen ini”, ujarnya.

Selanjutnya Paban 1 Spamau ini menjelaskan misi, fungsi, dan perkiraan intelijen TNI AU tahun 2019, perkembangan lingkungan strategis regional, nasional, dan lokal. Juga masalah radikalisme, Marxisme Leninisme, ekstrimis kanan dan kiri, ancaman narkoba di Biak, illegal fishing, serangan cyber, penyalahgunaan media sosial, penyakit LGBT, keamanan obyek vital daerah, dan netralitas TNI.

Dalam sambutan Danlanud Manuhua Marsma TNI Daan Sulfi, S. Sos., yang dibacakan oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Manuhua Kol PNB Abram Tumanduk menyampaikan selamat datang kepada Paban 1 Ren Spamau Kol Sus Budi Eko dan rombongan di kota Biak dan terimakasih atas kesediaannya untuk memberikan ceramah intelijen kepada personel Angkatan Udara di wilayah Biak.

Selanjutnya Kol Abram Tumanduk mengatakan, “Pada dasarnya semua personel Angkatan Udara baik militer maupun PNS adalah intelijen yang bertugas mengumpulkan informasi dan menyampaikannya kepada komando atas secara berjenjang. Harus dipahami mana informasi yang boleh dan tidak boleh disebar ke media massa. Informasi yang positif apabila disiarkan melalui media massa akan meningkatkan citra positif TNI Angkatan Udara, namun informasi yang negatif dan rahasia apabila disebar akan menurunkan citra positif TNI AU di mata masyarakat”, ujar Abram Tumanduk.

“Ceramah Safari Intelijen ini sangat penting bagi kita untuk menambah bekal pengetahuan intelijen dan menjadi pedoman dalam mendukung pelaksanaan tugas ke depan, oleh karena itu saya berharap agar seluruh peserta mengikuti acara dengan sungguh-sungguh”, ujarnya.

Pada bagian akhir sambutan ditekankan kepada seluruh personel Angkatan Udara yang bertugas di wilayah Biak, “Agar berupaya meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas pengamanan personel, materil, informasi dan kegiatan, dengan tekad, komitmen yang kuat dan konsisten. Dengan upaya ini, kalian sedang membangun pondasi kejayaan Angkatan Udara di Ujung Timur”, pungkasnya.

Turut hadir pejabat Asintel Koopsau III Kol Sus Marta Gunawan, Asintel Kosekhanudnas IV Kol Sus Basuki Wibowo, Pamen Sahli Komsos Koopsau III Letkol Sus Tri Wahyu Asmoro P., Pabandya Jiandok Spamau Letkol Sus Tri Pryo Widodo, Pabandya Matintud Spamau Letkol Sus Anggit Suwondo. Peserta ceramah selain anggota Lanud Manuhua, juga hadir anggota Kosekhanudnas IV, Satuan Radar 242 Tanjung Warari, Batalyon Komando Paskhas 468 Sarotama.

MC101 – Dispenau

loading...