Kasad Pimpin Apel Danrem Dandim Terpusat TA 2019

Media Cakra101, Jakarta.- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin Apel Danrem Dandim Terpusat TNI AD Tahun 2019, bertempat di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangan rilisnya di Jakarta.

Dijelaskan oleh Kadispenad bahwa Apel Danrem Dandim yang digelar pada akhir tahun ini bertujuan untuk melakukan evaluasi serta menyamakan dan menguatkan visi TNI AD dalam memajukan TNI AD, terutama di bidang teritorial guna menghadapi berbagai permasalahan bangsa. Tema yang diusung tahun ini ialah “TNI AD Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Kegiatan Apel Danrem Dandim yang berlangsung selama satu hari, 29 November 2019 ini diikuti oleh 380 peserta, yang terdiri dari Komandan Korem (Danrem), Komandan Kodim (Dandim) dan Aster Kotama/Balakpus dan Kasiter Korem. Selain itu, juga dihadiri sekitar 75 pimpinan/pejabat utama TNI AD, mulai dari Kasad, Wakasad, Pangkostrad, Dankodiklatad, Irjenad, Kasahli Kasad, para Asisten Kasad, para Pangkotama dan Komandan/Direktur/Kepala Balakpus TNI AD.

Dijelaskan oleh Candra bahwa pelaksanaan Apel Danrem Dandim tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Selain waktunya lebih singkat, metode dan suasana kegiatannya juga lebih akrab dan penuh kebersamaan,” ungkap Candra.

Kegiatan Apel Danrem Dandim diawali dengan olahraga bersama jalan kaki keliling lapangan Mabesad sambil ‘ngobrol’ dan tegur sapa diantara peserta dan dilanjutkan dengan senam body combat.

Kasad, dalam sambutan upacara pembukaan Apel Danrem Dandim menekankan kepada para unsur Pimpinan, para Danrem dan Dandim untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas-tugas pembinaan teritorial serta menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Kasad menekankan untuk berkreasi dalam Binter dengan memanfaatan teknologi media sosial, seperti melalui youtube dalam mempublikasikan kegiatan teritorial yang bermanfaat bagi rakyat.

“TNI AD harus berinovasi dan berkreasi di dalam publikasi melalui audio visual, agar citra dan image positif TNI AD semakin meningkat,” ujar Kasad.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad juga mengingatkan kepada seluruh peserta Apel untuk senantiasa menjaga dan bertanggung jawab kepada anak buahnya, terutama dalam menjaga kondisi kesehatan dengan melaksanakan olahraga secara rutin setiap hari.

Pada bagian akhir sambutannya, Kasad berpesan kepada seluruh peserta Apel Danrem Dandim untuk menjaga dan membina keluarga masing-masing serta tidak menyia-nyiakan jabatan yang diembannya.

“Jangan sia-siakan jabatan yang kalian emban. Jaga dan bina keluarga, karena mereka yang selalu mendampingi kita sehingga jadi sukses,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penyerahan piala dan penghargaan kepada para pemenang Lomba Binter tingkat Kodim dan Lomba Karya Tulis Teritorial Tahun 2019.

Dalam Apel Danrem Dandim, selain diisi ceramah oleh dua narasumber utama yakni Kasum TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto dan Menko Polhukam RI, Prof. Dr. Mahfud MD juga diisi dengan tayangan materi singkat tentang Polri Promoter, public speaking /wawancara media dan tayangan video kegiatan teritorial dari 15 Kodam di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kasum TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto dalam ceramahnya menyampaikan materi terkait kebijakan TNI bidang teritorial, yang berisikan antara lain tentang 11 program prioritas Panglima TNI, pembentukan organisasi baru TNI dan Agenda TNI tahun 2020.

Sedangkan Menko Polhukam RI Prof. Dr. Mahfud MD menyampaikan materi tentang perkembangan situasi politik, hukum dan keamanan, antara lain menyoroti masalah intoleransi beragama, Indek Demokrasi Indonesia, isu-isu sentral terkait penegakan hukum dan Ham, serta separatisme.

MC101 – Dispenad

loading...