TNI AD Gelar Komsos Ekonomi Kreatif

Media Cakra101, Jakarta.- Dalam rangka menjalin komunikasi sosial yang sehat dan harmonis serta meningkatkan silaturahmi antara TNI AD dengan segenap komponen masyarakat, Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad) menggelar kegiatan Pagelaran Ekonomi Kreatif Tahun 2019 di Pelataran Kota Tua, Mangga Besar Jakarta, Senin (9/12/2019).

Kegiatan yang bertemakan ”Inspirasi dan Kreatif Membangun Negeri” tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai hari ini hingga Selasa (10/12/2019) besok dengan menampilkan beberapa stand bazar yaitu stand kuliner, stand kerajinan tangan (Handicraft), stand fashion dan stand produk lain.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan ruang hiburan, pengetahuan, dan wawasan, serta menggugah dan mengajak segenap komponen masyarakat untuk bersama-sama melestarikan ekonomi kreatif.

Wakil Asisten Teritorial Angkatan Darat (Waaster) Kasad Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.I.P. selaku penanggung jawab kegiatan, dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa sebagai negara dengan sumber kekayaan alam yang melimpah, sudah selayaknya kita dapat berdiri sendiri, tanpa perlu mengandalkan kebutuhan pokok hasil impor.

“Dalam upaya memperbaiki kondisi ekonomi dengan kemampuan inspirasi dan kreativitas yang dimiliki, kita dapat melakukannya dengan mengembangkan sektor ekonomi kreatif,”ungkapnya.

Ditambahkan Waaster Kasad bahwa dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif bertumpu pada pemanfaatan kreativitas, bakat dan kemampuan individu melalui karyanya baik berupa kerajinan tangan (Handicraft), karya tulis, musik, seni pertunjukan, film, kuliner, fashion dan lain-lain dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan.

Pelaksanaan Komsos Kreatif melalui kegiatan Pagelaran Ekonomi Kreatif tersebut dilaksanakan TNI AD guna membantu program pemerintah dalam rangka menampilkan dan mengenalkan industri ekonomi kreatif di lingkungan masyarakat.

Lebih lanjut Gathut juga mengungkapkan melalui ekonomi kreatif diharapkan mampu mendorong terbentuknya sumber daya manusia yang mampu menjadi pemicu dalam pertumbuhan eknomi di Indonesia dan juga bisa menjadi pilar perekonomian di masa depan.

“Sektor industri ini perlu dikembangkan, karena mampu menyerap banyak tenaga kerja, dapat menciptakan identitas bangsa, dapat merangsang kreativitas dan inovasi, mampu memberi dampak ekonomi positif dan berasal dari sumber daya yang dapat diperbaharui,” tandasnya.

Ia juga berharap bila sinergi dan komitmen yang kuat antara TNI AD dan masyarakat terjalin dengan baik, maka kegiatan Pagelaran Ekonomi Kreatif dalam upaya mewujudkan pembangunan nasional yang berorientasi mensejahterakan rakyat akan dapat terwujud.

Kegiatan ekonomi kreatif tersebut dibuka untuk masyarakat umum. Selain Bazar, kegiatan tersebut juga menampilkan seni kebudayaan seperti Pencak Silat.

MC101 – Dispenad

loading...