Rapurna TMMD ke-40 : Samakan Visi, Misi, Persepsi, dan Evaluasi Program

Media Cakra101, Jakarta.-  Menyongsong pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) TA 2020, serta sebagai wadah evaluasi pelaksanaan program yang sama TA 2019, TNI AD menggelar Rapat Paripurna (Rapurna) TMMD ke-40 TA 2019, dipimpin Aster Panglima TNI, yang diwakili Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo di Gedung Balai Komando Makopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (10/12/2019).

Rapurna TMMD ke-40 ini diselenggarakan guna menyamakan visi, misi dan persepsi pelaksanaan TMMD tahun 2020 mendatang. Juga sebagai ajang penyampaian arahan serta informasi dari Tim Asistensi Kementerian maupun Lembaga Pemerintah Non-Kementerian. Sekaligus melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan program TMMD TA 2019. Rapurna kali ini mengangkat tema : “TMMD sebagai wujud nyata darma bakti TNI untuk rakyat”.

Waaster Panglima TNI dalam sambutannya mengatakan bahwa TMMD adalah aktualisasi nyata bakti TNI terhadap rakyat.

“Sasaran fisik maupun nonfisik untuk membantu percepatan wilayah sehingga apa yang diharapkan bangsa ini, terwujudnya masyarakat yang sejahtera bisa tercapai,” ungkapnya.

Kegiatan ini, sambung Purnomo, memerlukan dukungan semua masyarakat yang difokuskan untuk membantu daerah tertinggal dan terisolir, sehingga Indonesia yang maju bisa tercapai.

Sementara itu, Asisten Teritorial (Aster) Kasad, yang diwakili Waaster Kasad Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, S.I.P., dalam laporan pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan program TMMD TA. 2019, serta penyampaian rencana umum program TMMD TA. 2020, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama, Kementerian Sosial, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI atas sinerginya dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD TA 2019. Juga kepada seluruh Bupati dan Walikota yang telah mendukung program TMMD.

Dijelaskan oleh Waaster Kasad bahwa hasil yang dicapai untuk sasaran fisik pada TMMD TA. 2019 antara lain berupa : pembukaan badan jalan/rehab jalan sepanjang 494.589 meter, pembuatan/rehab jembatan sebanyak 136 unit, pembuatan gorong-gorong, 277 unit, pembuatan siring/normalisasi sungai /saluran air 73.409 meter, penanaman pohon 4.400 batang, rehab RTLH dan pembangunan rumah, 748 unit, pemberian bibit ikan, 7.740 ekor, rehab Mushola/Meunasah, 131 unit, rehab Sekolah, 14 unit, pembuatan jamban, 341 unit dan masih banyak lagi sasaran fisik lainnya.

“Demikian juga kegiatan nonfisik secara umum telah berjalan dengan baik. Kerja sama lintas instansi yang makin erat telah tersampaikannya pesan dengan baik dan bertambahnya pengetahuan masyarakat di pedesaan, ” ujar Waaster Kasad.

Ditambahkan Waaster Kasad bahwa, secara umum pelaksanaan TMMD TA 2019 telah mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat, sehingga beberapa pemerintah daerah akan meningkatkan dukungan anggarannya untuk TMMD yang akan datang.

“Program kegiatan TMMD perlu dipertahankan dan dilanjutkan, karena telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama dalam membantu mempercepat akselerasi pembangunan di
daerah terisolir, desa tertinggal, daerah perbatasan, maupun daerah kumuh perkotaan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Waaster Kasad juga menjelaskan bahwa tahun 2020, pelaksanaan Rakornis TMMD akan bersinergi dengan Kementerian Perindustrian pada TMMD ke-107, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada TMMD ke-108, dan Kementerian ESDM RI pada TMMD ke-109.

Sedangkan pelaksanaan TMMD ke-107 direncanakan akan dilaksanakan pada Maret – April 2020. TMMD ke-108 akan dilaksanakan bulan Juli 2020, dan TMMD ke-109 dilaksanakan pada September – Oktober 2020. Masing-masing pelaksanaan berdurasi 30 hari.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-106 TA 2019 untuk kategori Kapendam, Dansatgas TMMD (Dandim), Wartawan Elektronik dan Wartawan Cetak/Online.

Selain pengumuman pemenang Lomba Jurnalistik TMMD, pada Rapurna TMMD ke-40 ini juga ditampilkan pameran dokumentasi foto-foto hasil kegiatan Satgas.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Irjenad Mayjen TNI Suko Pranoto, Danpusterad Mayjen TNI Arief Rahman, dan para peserta Rapurna TMMD yang meliputi para Ketua DPRD, Kepala Bappeda, dan Kepala BPMPD Provinsi, para Aster dan Kepala Penerangan Kotama, para Dandim sebagai Dansatgas TMMD TA. 2019 dan 2020, serta para Bupati dan Walikota penyelenggara TMMD TA. 2019 dan 2020 serta tamu undangan lainnya.

MC101 – Dispenad

loading...