Puncak Syukuran Hari Juang TNI AD 2019: Kasad Ajak Ribuan Keluarga Besar TNI AD Bersepeda Keliling Monas

Media Cakra101, Jakarta.- Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mengajak sekitar 4.500 personel yang hadir pada acara puncak syukuran Hari Juang TNI AD
Th. 2019, untuk bersepeda santai mengelilingi Monumen Nasional, Selasa (17/12/2019).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilisnya.

Kasad dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan bersepeda bersama ini merupakan bagian dari rangkaian acara syukuran dan hiburan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD yang jatuh tanggal 15 Desember.

“Menurut Keppres Nomor 163/1999 yang dikeluarkan tanggal 14 Desember 1999, Hari Juang TNI AD jatuh pada tanggal 15 Desember. Sementara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AD jatuh di hari yang sama dengan HUT TNI, yaitu tanggal 5 Oktober,” terang Kadispenad mengutip penjelasan Kasad.

Dalam peringatan Hari Juang TNI AD di lapangan Mabesad tersebut, seluruh yang hadir, termasuk tamu undangan perwira tinggi TNI AD yang bertugas di luar struktur, serta warga Mabesad dan perwakilan personel Kostrad, Kodam Jaya, Kopassus, Puspenerbad, serta perwakilan Balakpus yang hadir mendapat souvenir spesial dari orang nomor satu di Mabesad itu. Souvenir yang dimaksud berupa sepeda, helm, back pack , kalender 2020 serta handuk.

“Bapak Kasad memberikan sepeda, dengan tujuan agar anggota memiliki variasi dalam berolahraga dan gemar hidup sehat. Bukan hanya jalan kaki, lari, tenis meja, tapi kini juga bisa bersepeda,” terang Candra.

Dalam sambutannya, Kasad juga menyinggung tentang tema Hari Juang TNI AD yang berbunyi “TNI Angkatan Darat adalah Kita”. Menurut Andika, tema tersebut diangkat dengan tujuan agar TNI AD senantiasa merasa sebagai bagian dari masyarakat. Selain itu, tema tersebut juga mengandung harapan agar TNI AD bisa lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, Kasad dengan didampingi Ny. Hetty Andika Perkasa, selain menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir, juga mengucapkan selamat Hari Juang TNI AD kepada segenap prajurit dan PNS TNI AD yang hadir, juga tak lupa Kasad mengucapkan selamat HUT Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) yang akan jatuh pada tanggal 22 Desember nanti.

“Terima kasih kepada para senior dan tamu undangan. Selamat HUT untuk para Kowad, mereka ini bukan mawar penghias taman, tetapi melati pagar bangsa,” ujar Ny. Hetty Andika Perkasa yang disambut riuh tepuk tangan seluruh tamu undangan yang hadir khususnya para Kowad Srikandi Indonesia pembela tanah air sejati.

Rangkaian kegiatan syukuran yang ditayangkan secara live melalui videotrone ukuran 30 x 10 meter tersebut, serta livestreaming di medsos dimulai dengan pembukaan oleh MC dari TNI AD, Kolonel Caj Supiyardi, didampingi oleh MC kondang Choki Sitohang dan Vega Darwanti. Dilanjutkan dengan penampilan Drumband Canka Panorama dari Sekolah Calon Perwira TNI AD (Secapaad). Acara berikutnya seluruh peserta dan tamu undangan menyaksikan tayangan videotron tentang renovasi Gedung A.H. Nasution, transformasi lantai dasar Gedung E Mabesad, serta transformasi Gedung Ruang Bina Yudha Mabesad.

Usai sambutan Kasad beserta Ny. Hetty Andika Perkasa, seluruh peserta melaksanakan bersepeda mengelilingi Monas. “Start dari Mabesad, mengelilingi Monas, kemudian finish di Mabesad lagi,” jelas Candra.

Selesai bersepeda bersama, seluruh peserta dipersilakan menikmati makanan dan minuman dari gerobak-gerobak makanan rakyat yang telah dipersiapkan panitia di sekeliling lapangan Mabesad. Di saat yang sama, di videotron diputar tayangan video testimoni peserta Training Center Kasad penurunan berat badan dan berbagai tayangan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan doa, prosesi pemotongan dan penyerahan tumpeng kepada prajurit berprestasi diantaranya Danramil 04-1701/Arso, Papua, daerah perbatasan RI-PNG Mayor Chk (K) Yuliana Rosario Yoku, Serma Ahmad Lina, Babinsa Pulau Liran dan Wetar wilayah perbatasan RI-Timor Leste. Ada pula Serda Mugiyanto, yang berprestasi lewat budidaya buah lengkengnya. Juga 35 orang atlet kontingen Indonesia yang meraih prestasi pada Sea Games XXX/2019 di Phillipina, yang juga merupakan personel TNI AD.

Tumpeng diserahkan oleh Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, mantan Wakil Presiden RI beserta istri, Kasad beserta istri, serta beberapa mantan Kasad. Acara juga dimeriahkan dengan hiburan dari Kartika Orchestra Ditajenad

MC101 – Dispenad

loading...