Brigif 1 Mar Gelar Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera

Brigif 1 Mar Gelar Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera

Media Cakra 101, Cilandak.- Brigade Infanteri 1 Marinir (Brigif 1 Mar) menggelar upacara peringatan hari Dharma Samudera yang diikuti seluruh prajurit dan PNS TNI AL Marinir Cilandak, bertempat di Lapangan Apel Brigif 1 Mar Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (15/01/2020).

Peringatan upacara Hari Dharma Samudera ini diikuti oleh 1 (Satu) Kompi Korsik Lanmar Jakarta, 1 (Satu) Kompi Deputasi Perwira Pertama (Pama), 1 Kompi Deputasi Perwira Menengah (Pamen), 1 (Satu) SSY Brigif 1 Mar, 1 (Satu) SSY Menkav 1 Mar, 1 (Satu) SSY Menart 1 Mar, 1 (Satu) SSY Menbanpur 1 Mar, 1(Satu) SSY Lanmar Jakarta dan 1 (Satu) SSY PNS TNI AL.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan hari Dharma Samudera ini adalah Danbrigif 1 Mar Kolonel Marinir Amir Kasman, S.E., M.M, sedangkan sebagai Komandan Upacara (Danup) adalah Kapten Marinir Anto Putra.

Kegiatan diawali dengan pengibaran bendera merah putih diiringi dengan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan sejarah pertempuran laut oleh Letda Marinir Samsudin.

Pada kesempatan tersebut Irup membacakan amanat tertulis dari Bapak Kasal Laksamana TNI Siwi Suma Adji, S.E., M.M., bahwa upacara yang dilaksanakan setiap tahun ini pada hakekatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai kejuangan yang harus dilestarikan, agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan pertempuran laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut kita yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso. Sebagai prajurit laut, beliau menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban. Sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut.

 

Hadir dalam upacara tersebut Danmenbanpur 1 Mar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., Danmenkav 1 Mar Kolonel Marinir Achmad Sochfan, S.A.P., serta para Perwira staf Kolak Pasmar 1.

MC101 – Dispen Kormar

loading...