Pangdam XVIII/Kasuari: Jaga Netralitas TNI dalam Pilkada Serentak di Papua Barat 2020

Pangdam XVIII/Kasuari: Jaga Netralitas TNI dalam Pilkada Serentak di Papua Barat 2020

Media Cakra101, Manokwari. Saya perintahkan kepada seluruh Prajurit Kodam XVIII/Kasuari dimanapun bertugas dan berada, jaga netralitas TNI dalam pelaksanaan Pilkada serentak di wilayah Papua Barat tahun 2020. Jaga dan pelihara sinergitas, kekompakan, dan saling dukung sesama aparat, dengan saudara kita di institusi Polda Papua Barat, Fasharkan TNI AL maupun dengan Pemda Provinsi/Kabupaten di Papua Barat.

Perintah tersebut disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dalam bagian amanatnya, saat membuka dan memimpin langsung Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020, Jumat (6/3/2020) di Aula Kodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Hal itu merupakan bentuk jawaban dan tindak lanjut Pangdam dalam menanggapi isi pokok-pokok kebijakan Panglima TNI pada Rapim TNI-Polri 28 Januari 2020 lalu, terkait sinergitas TNI-Polri yang siap mengamankan Pilkada serentak 2020, Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20, bencana alam, dan pembangunan Nasional, dalam menuju indonesia maju.

Untuk diketahui, Rapim Kodam XVIII/Kasuari 2020 mengusung tema “Membangun Kodam XVIII/Kasuari yang solid, profesional dan dicintai rakyat guna mendukung tugas pokok TNI AD”.

“Tema tersebut kiranya sangatlah tepat, dengan tujuan meningkatkan profesionalitas, sinergitas, dan soliditas, serta sejalan dengan misi dan visi Kodam XVIII/Kasuari sebagai Patriot Pembela Rakyat,” ujar Pangdam XVIII/Kasuari.

Di bagian lain amanatnya, orang nomer satu di Kodam XVIII/Kasuari ini mengatakan, Rapim Kodam merupakan tindak lanjut dari Rapim TNI-Polri dan Rapim TNI AD yang lalu.

“Rapim Kodam ini dimaksudkan guna menyikapi perkembangan lingkungan strategis, menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Kodam XVIII/Kasuari TA. 2019,” katanya.

Pada kegiatan Rapim, akan disampaikan garis besar program, kegiatan dan anggaran DIPA Kodam XVIII/Kasuari TA, 2020 serta Petunjuk Perencanaan (Jukcan) Pimpinan Kodam XVIII/Kasuari, berupa kebijakan dan pokok pokok pikiran Pangdam XVIII/Kasuari TA. 2020, guna dijadikan sebagai pedoman bertindak, dengan persepsi dan interprestasi, serta gerak langkah yang sama bagi unsur-unsur pimpinan Kodam XVIII/Kasuari, dalam menghadapi tugas ke depan. Aspek perencanaan jangka menengah maupun jangka pendek tahunan, lanjut Jenderal bintang dua ini, dapat dijadikan sebagai variabel input untuk merancang/mendesain Rencana Strategis (Renstra) Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020-2024 maupun rancangan Rencana Kerja Kodam XVIII/Kasuari TA. 2021.

“Selanjutnya yang menjadi titik berat sasaran pada Rapim Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020 adalah mematangkan evaluasi dan kesiapan program. Titik berat berikutnya adalah upaya penataan satuan melalui penguatan Binsat, akselerasi pembentukan dan pengembangan satuan-satuan baru jajaran Kodam XVIII/Kasuari sebagai bagian pembangunan postur ideal, baik dari segi aspek kemampuan, kekuatan maupun gelar Kodam XVIII/Kasuari,” ungkapnya.

Pangdam XVIII/Kasuari juga menekankan agar semua unsur pimpinan Kodam, dari pangkat tertinggi hingga unsur terendah, harus terlibat aktif, bersinergi dengan semua _stakeholder_, jemput bola jangan menunggu bola, berani mengambil keputusan secara terukur dan berdasar, berpikir dengan visi dan misi perencanaan jauh ke depan.

“Saya mengajak kita semua unsur pimpinan yang hadir di ruangan ini janganlah bekerja biasa-biasa saja, normatif, landai atau bekerja datar saja, akan tetapi sebagai Prajurit Patriot Pembela Rakyat mari berpacu tetap semangat. Bangun dan kembangkan satuanmu, tumbuhkan inovasi kreasimu, bawa berlari untuk maju satuanmu. Cintai dan sayangi, serta bina prajuritmu menjadi prajurit kebanggaan masyarakat, yang selalu dekat di hati rakyat Papua Barat,’ pesan Pangdam Mayjen Joppye.

Selain para peserta yang terdiri dari para pejabat Komandan, Kepala, dan Perwira unsur pimpinan di seluruh satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari, dalam gelar Rapim kali ini dihadiri juga oleh Kasdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Danrem 181/PVT, para Kepala Biro Pemda Papua Barat, Kakesbangpol Papua Barat, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Kepala KPPN Manokwari, Kepala Perwakilan Kemenpolhukam Papua Barat, Kepala Perwakilan Kemhan wilayah Papua Barat, Kafasharkan TNI AL, Kaotmil IV-21 Papua Barat.

MC101 – Pendam XVIII/Kasuari

loading...