Upacara Pembukaan Lattap Danyon, Danki/Danton Serta Kasi/Karu Kormar TA 2020

Upacara Pembukaan Lattap Danyon, Danki/Danton Serta Kasi/Karu Kormar TA  2020

Media Cakra101, Pasuruan.- Upacara pembukaan Latihan Pemantapan Komandan Batalyon, Komandan Kompi / Komandan Pleton dan Kepala Seksi / Kepala Regu Korps Marinir Ta. 2020 dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Kolatmar Grati Pasuruan, Selasa (10/03/2020).

Latihan Pemantapan diikuti oleh seluruh jajaran dibawah Kormar yang meliputi Pasmar 1, Pasmar 2, Pasmar 3 dan Brigif 4 Mar BS. Rencana Lattap akan berlangsung selama tiga Minggu di laksanakan di derah latihan Puslatpurmar 3 Grati Pasuruan.

Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Suliono, S.E. selaku Inspektur Upacara membuka jalannya Kursus Lattap, sedangkan Komandan Puslatpurmar 5 Baluran Letkol Marinir Widarta Kusuma selaku Komandan Upacara dengan Perwira Upacara dijabat oleh Letda Marinir Suryo Sasmito.

Upacara pembukaan Lattap tersebut diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari 1 Peleton Pelatih Kolatmar, 1 Peleton Lattap Danyon, 2 Peleton Lattap Danki, 1 Kompi Lattap Danton dan 1 Kompi Lattap Kasi/Karu. Latihan pemantapan kali ini diikuti oleh 371 pers yang terdiri dari Lattap Danyon 35 pers, Lattap Danki 56 pers, Lattap Danton 87 pers dan Lattap Kasi/Karu 193 pers dengan pendukung Lattap sejumlah 98 pers dari Kolatmar.

Dalam amanat Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) yang dibacakan oleh Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Suliono, S.E. menyatakan bahwa Latihan Pemantapan Danyon, Danki, Danton, Kasi dan Karu Korps Marinir merupakan salah satu sistem pembinaan karir prajurit Korps Marinir dalam rangka mendukung optimalisasi kinerja suatu organisasi. Latihan pemantapan Korps Marinir ini juga merupakan latihan dan uji kompetensi dalam jabatan dari Komandan Satlak sampai dengan Kepala Regu di lingkungan Korps Marinir yang bertujuan untuk memantapkan kepemimpinan lapangan dan ketrampilan dari seluruh peserta latihan.

Kepemimpinan lapangan dan pengetahuan militer merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh seluruh komandan satuan dalam suatu organisasi militer agar dapat berperan sebagai motor penggerak sekaligus sebagai inspirator dan contoh bagi seluruh prajuritnya. Untuk itu setlap komandan satuan di semua strata khususnya Dansatlak sampai dengan Kepala Regu, harus memiliki kesadaran yang lebih untuk mengasah kemampuan dan ketrampilannya serta memiliki jiwa visioner dalam memimpin dan mengendalikan satuannya sehingga dapat meningkatkan kinerja satuan dalam rangka melaksanakan tugas yang diamanahkan baik dalam operasi militer perang maupun operasi militer selain perang.

Materi latihan pemantapan tersebut meliputi teknik penyelenggaraan latihan, teknik pembuatan rencana lapangan, prosedur hubungan komandan dan staf, proses pengambilan keputusan militer, prosedur pergerakan pasukan dari persiapan sampai pengakhiran, pengetahuan pendukung komlek dan kesehatan lapangan. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebut peserta dapat mengaplikasikan materi latihan dengan profesional, benar dan tepat sesuai sasaran yang diharapkan. Untuk itu Komandan Korps Marinir pada amanatnya berharap kepada seluruh peserta untuk melaksanakan latihan tersebut dengan sungguh-sungguh, serius dan disiplin yang tinggi sehingga dapat menyerap dan memahami semua materi yang diberikan oleh instruktur dan pelatih.

Komadan Korps Marinir berharap kepada para penyelenggara latihan beserta para instruktur dan pelatih, agar memberikan dukungan dan materi latihan semaksimal mungkin agar para peserta dapat benar-benar memahami semua materi yang diberikan sehingga seluruh peserta mampu bersikap dan berperilaku sebagai Prajurit Pejuang Sapta Marga dalam setiap kegiatan, memahami teknik perencanaan dan pelaksanaan penyelenggaraan latihan, memahami dalam teknik pembuatan rencana lapangan, memahaml teknik cara pemberian instruksi, memahami teknik proses pengambilan keputusan dan mampu mengaplikasikan dalam tugas di kesatuan, serta memahami teknik dan taktik operasi tempur darat sesuai prosedur yang baik dan benar.

Dalam akhir amanatnya Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) memberikan beberapa hal yang perlu ditekankan sebagai berikut; Pertama tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala sebagai landasan dan pengabdian kita kepada Korps Marinir, TNI Al / TNI, bangsa dan negara. Kedua, pahami dan serap semua materi yang diberikan oleh para instruktur dan pelatih selama penyelenggaraan latihan. Ketiga, laksanakan semua kegiatan dengan baik dan benar dengan selalu mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan.

Adapun pejabat yang menghadiri dalam upacara pembukaan tersebut antara lain seluruh Perwira staf Kolatamar dan para perwira undangan dari Pasmar 1, Pasmar 2, Pasmar 3 dan Brigif 4 Mar BS, Danpuslatpasrat Letkol Marinir Budi Atmoko, Danpuslatpurmar 4 Purboyo Letkol Marinir Rofik, Danpuslatpurmar 7 Lampon Letkol Marinir Sapto P, Danpuslatpurmar 3 Grati Mayor Marinir Rudi Sutisna dan seluruh perwira jajaran Mako kima Kolatmar.

MC101- Dispen Kormar

loading...