Membantu Petani di Landasan Boroku Lanud Manuhua

Membantu Petani di Landasan Boroku Lanud Manuhua

Media Cakra101, Biak.- Untuk mengantisipasi dampak sosial akibat pandemi Covid-19 di wilayah Biak Numfor, Lanud Manuhua melaksanakan upaya meningkatkan ketahanan pangan bagi para petani Paniai di Landasan Borokup wilayah Lanud Manuhua (Kamis 16 April 2020).

Lahan pertanian yang digarap adalah landasan Borokup (Buruku), terletak di wilayah Mako Lanud Manuhua. Lahan luas ini adalah bekas landasan pesawat pada masa Perang Dunia II dibangun oleh Amerika Serikat sebagai gudang logistik perang.

Para petani penggarap lahan Borokup adalah suku Paniai yang sudah lama migrasi dari daratan Papua dan menetap di Biak. Berbagai jenis tanaman mereka berupa sayur-sayuran, ubi-ubian, talas, singkong, pepaya, jagung.

Petani Paniai dikenal memiliki semangat kerja yang kuat dan pekerja keras. Meskipun lahan Borokup terdiri dari batu karang, mereka menyiasati dengan mengeruk batu karang yang dikumpulkan pada satu tempat. Selanjutnya memasukkan bahan tanah dari kayu-kayu lapuk yang diproses bertahun-tahun. Tanaman tumbuh hijau, sama seperti tanaman yang tumbuh di tanah yang subur dengan siraman pupuk kimia.

Kegiatan yang dilakukan anggota Lanud Manuhua untuk membantu para petani yaitu: Membantu perawatan kebun pepaya dan umbi-umbian; Membantu proses distribusi hasil panen dari petani kebun kepada pedagang yang berjualan di depan lapangan Cendrawasih Biak; Membantu memelihara kebun jagung di depan Base Ops Lanud Manuhua. Diharapkan dari semua upaya ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Akibat pandemi Covid-19 menyebabkan krisis ekonomi, maka setiap prajurit TNI dituntut harus berupaya meningkatkan ketahanan pangan di lingkungan satuan masing-masing. Ketahanan pangan yang baik dapat menjadi modal utama untuk lebih fokus memutus penyebaran dan mengatasi pandemi Covid-19.

MC101-Pen-MN/Biak

loading...