Jelang Pergantian Pimpinan, Administrasi Pengurus Persit KCK PD XVIII/Kasuari Diverifikasi

Jelang Pergantian Pimpinan, Administrasi Pengurus Persit KCK PD XVIII/Kasuari Diverifikasi

Media Cakra101, Manokwari.- Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Pengurus Daerah (PD) XVIII/Kasuari, pimpinan Persit KCK PD XVIII/Kasuari melaksanakan verifikasi terhadap seluruh pembukuan pengurusnya, Selasa (05/5/2020) di Kantor Persit KCK PD XVIII/Kasuaru, kompleks Makodam, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari Ny. Silvi Ferry Zein tersebut salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan dengan cara pengecekan terhadap dokumen keuangan organisasi Persit secara administratif, sesuai dengan pedoman dan kriteria yang berlaku dalam organisasi Persit. Tujuannya adalah agar tidak ada kesalahan dalam serah terima jabatan Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari, baik dalam dokumen keuangannya maupun administrasi lainnya, yang akan dijadikan pedoman bagi Ketua Persit baru.

“Dalam kegiatan verifikasi ini, satu-persatu pembukuan, baik data maupun keuangan diperiksa. Hal ini agar tidak ada kesalahan dalam penyerahan kepada Ketua Persit yang baru. Apabila ditemui kesalahan atau kekurangan, maka akan dijadikan pedoman untuk perbaikan pada periode kepengurusan yang berikutnya,” ujar Ny. Silvi.

Ditambahkan, sebelum dilaksanakan Sertijab Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari, kegiatan verifikasi ini wajib dilakukan agar di kemudian hari tidak timbul suatu permasalahan yang berkaitan dengan data maupun administrasi keuangan serta barang inventaris lainnya.

“Untuk itu, seluruh pembukuan, baik keuangan maupun administrasi lainnya harus segera selesai sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus lama dan selanjutnya dijadikan sebagai pedoman kepada Ketua Persit yang baru,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan verifikasi merupakan bagian dari rangkaian fungsi pengendalian dari Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari terhadap anggotanya dalam melaksanakan program kerja yang telah menjadi tanggung jawabnya, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan, serta administrasi keuangan yang efektif, efisien, dan transparan.

“Diharapkan, hasil verifikasi ini dapat dijadikan sebagai pedoman demi kelancaran pelaksanaan tugas selanjutnya sebagai pejabat yang baru,” pungkas Wakil Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari Ny. Silvi Ferry Zein.

Karena Ketua Persit KCK juga sebagai Ketua Dharma Pertiwi, maka di waktu dan tempat yang sama, sekaligus dilaksanakan verifikasi terhadap administrasi organisasi Dharma Pertiwi Daerah P Manokwari, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Dharma Pertiwi Daerah P. Ny. I Nyoman Gede Ariwan.

MC101 – Pendam XVIII/Kasuari

loading...