Prajurit Muda Korps Marinir Latihan Patroli Tempur di Daerah Purboyo

Prajurit Muda Korps Marinir Latihan Patroli Tempur di Daerah Purboyo

Media Cakra101, Malang.- Siswa Dikmaba Angkatan XXXIX gelombang 1 dibawah Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) melaksanakan latihan patroli tempur di daerah latihan  Puslatpurmar 4 Purboyo Malang Selatan, Rabu (06/05/2020).
Purboyo adalah salah satu daerah latihan pertempuran dibawah Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) yang berada di Kabupaten Malang Selatan. Daerah ini sangat  layak dan memenuhi syarat untuk mengaplikasikan berbagai ilmu dan strategi pertempuran. Kondisi alamnya berupa perbukitan dan hutan-hutan cukup lebat. Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Purboyo dikomandani oleh Letkol Marinir Rofiq Anwar saat ini sedang menggembleng para prajurit muda Korps Marinir dengan materi Patroli. 
Danpuslatpur 4 Purboyo memerintahkan Serma Marinir Warnoto beserta 4 anggota lainnya dari Detasemen Pelatih Oprasi Darat (Dentih Opsrad) sebagai pelatih problem patroli. “Bekali diri anda sendiri dengan ilmu sesuai petunjuk tehnik (juknik) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) yang sudah di sahkan di jajaran Koprs Marinir”, pesannya.

Dihadapan para siswa Dikmaba Angkatan 39 dengan tegas Serma  Warnoto menjelaskan bahwa ; “Patroli ada dua yaitu patroli tempur dan patroli penyelidik. Patroli tempur ada 4 Raid, Panghadangan, Intai Tempur dan Pengamanan. Tujuannya untuk menghancurkan kekuatan musuh, membunuh atau menawan personil musuh, membebaskan tawanan, menghancurkan kedudukan/instalansi musuh.”

“Patroli penyelidik terbagi menjadi 2 petroli penyelidik (Troldik) setitik dan troldik daerah. Tujuanya untuk mengumpulkan informasi dan data intelijen tentang cuaca dan musuh. Dalam pelaksanaan patroli  semua pergerakan harus ada lindung tembak dan lindung tinjau, sehingga dalam menjalankan problem patroli dapat berjalan dengan aman dan berhasil.” 

“Sebagai seorang Komandan Regu harus mampu menekankan faktor keselamatan harus di utamakan kepada anggotanya, setiap bergerak harus memperhatikan  lindung tembak dan lindung tinjau, sehingga dalam menjalankan problem patrol dapat berjalan dengan aman dan berhasil.” pesan pelatih berpangkat Serma Marinir tersebut.

MC101 – Dispen Kormar

loading...