Puslatpurmar 8 Teluk Ratai Memperingati dan Selamatan Menempati Gedung Krakatau

Puslatpurmar 8 Teluk Ratai Memperingati dan Selamatan Menempati Gedung Krakatau

Media Cakra101, Lampung.- Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 8 Teluk Ratai Lampung sebagai satuan pelaksana di bawah Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) memperingati hari ulang tahun yang ke 4 sekaligus selamatan menempati gedung Krakatau sebagai Markas Komando (Mako) yang baru di Teluk Ratai Kabupaten Pesawaran, Lampung, Rabu 03/06/2020.

Pelaksanaan HUT kali ini dilaksanakan secara sederhana, dikarenakan situasi penyebaran Covid -19 yang terjadi saat ini. Kegiatan diawali dengan apel khusus dipimpin langsung oleh Komandan Puslatpurmar 8 Teluk Ratai Letkol Marinir Data diikuti seluruh anggota dilanjutkan ramah tamah dan pemotongan tumpeng.

Letkol Marinir Data menyampaikan dalam amanatnya; selama kurun waktu 4 tahun terbentuk Puslatpurmar 8 Teluk Ratai senantiasa berupaya menjadi prajurit dan pelatih yang tangguh, profesional dan berkarakter yang di banggakan Korps Marinir. Tingkatkan keimanan, berpikir lebih dewasa, mawas diri dan tetap memelihara jiwa korsa serta tumbuhkan rasa kebanggan dan kecintaan pada satuan. Dalam kesempatan itu juga Komandan beserta keluarga dengan rasa tulus ikhlas mengucapkan selamat hari raya “IDUL FITRI” 1441 HIJRIYAH, mohon maaf lahir dan batin.

Sejarah singkat terbentuknya Puslatpurmar 8 Teluk Ratai, pada tanggal 03 Juni 2016 diresmikan oleh Komandan Korps Marinir Mayor jenderal (Mar) Buyung Lalana yang dipimpin seorang Perwira Menengah (Pamen) berpangkat Letnan Kolonel yaitu Letkol Marinir Nandang Permana,S.E dan tahun 2018 Juli digantikan Letkol Marinir Abdi Zunanda Tambunan, MTR. Hanla, kemudian tahun 2019 Januari digantikan Letkol Marinir Data sampai sekarang.

Di era kepemimpinan Letkol Marinir Data Puslatpurmar 8 mendapat fasilitas Mako baru yang sebelumnya masih menempati rumah kosong bekas dari warga, Mako baru tersebut diberi nama Mako Krakatau.

Mengapa diberi nama Krakatau ? “Mengulas filosofi bahwa gunung Krakatau itu kelihatannya kecil tapi dapat mengguncang Dunia, jadi satuan yang kecil seperti Puslatpurmar 8 Teluk Ratai Pun dapat memberi warna dan diperhitungkan satuan lain yang lebih besar.” jelas Pamen Marinir dengan melati dua di pundak tersebut.

MC101-Dispen Kormar