Pelatih Terjun Puslatsus Kolatmar Bekali Penerjun Taruna AAL Angkatan 66 Happy Landing

Pelatih Terjun Puslatsus Kolatmar Bekali Penerjun Taruna AAL Angkatan 66 Happy Landing

Media Cakra101, Sidoarjo.- Para pelatih terjun Pusat Latihan Khusus (Puslatsus) dari Komando Latih Korps Marinir  (Kolatmar) dibawah pimpinan Komandan Detasemen Pelatih Para Amfibi (Dandentih Parafib) Mayor Marinir Tendy Suprabowo selaku Katimtih Latihan Praktek 
(Lattek) Terjun Para Dasar turut menghantarkan Happy Landing 18 Penerjun Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 66 di Lanudal Juanda Sedati Sidoarjo, Jum’at (07/08/2020). 

Para pelatih merasa bangga telah berhasil membekali dan menghantarkan 18 penerjun calon perwira muda Korps Marinir dari Taruna AAL Angkatan 66 dengan hasil yang maksimal. Mereka telah dilatih dan dibekali berbagai materi antara lain, spesifikasi parasut jenis Garuda 1P, ground training, binjas para, tehnik masuk-keluar pesawat, tehnik mengemudi parasut, teknik mendarat, dan teknik mengatasi seretan parasut selama 19 hari. 

Setelah semua materi dari Pelatih Puslatsus diterima Taruna AAL 66 dan melaksanakan penerjunan sebanyak 8 kali baik terjun siang maupun malam, pada penerjunan ke 9 diadakan acara Wing Day pada upacara penutupan Lattek dan penyematan brevet terjun Para Dasar kepada para Penerjun. 

Pada acara wing day terjun statik ini menggunakan Alutsista Pesawat jenis CN 212 (CASA) bernomor lambung U-6216 di piloti, Mayor Laut (P) Febri dan Co. Pilot, Kapten Laut (P) Ruben dari Skuadron 600 Puspenerbal. 

Ke 18 penerjun di dampingi para Jumping Master dari Puslatsus Kolatmar diantaranya, Serka Mar Rifa’i sebagai JM1, Koptu Mar Joko Purnomo sebagai JM2, dan Kopda Mar Sapto Margo sebagai JM3. 

Acara Wing Day pada Upacara Penutupan Lattek Para Dasar digelar di Landasan Skuadron 400 Puspenerbal bertindak selaku Inspektur Upacara Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M.

Dalam amanatnya mengatakan; 
kemampuan infiltrasi melalui udara wajib dikuasai oleh para pasukan tempur khususnya Korps Marinir, mereka harus mampu dan siap didaratkan di belakang garis pertahanan pantai lawan, sehingga mampu mendukung memudahkan penguasaan tumpuan pantai pendaratan atau sebagai sarana infiltrasi pada operasi yang lain sehingga layak menggunakan slogan “Bersama Tuhan Menyerbu Dari Langit.”

“Terjun Statik Para Dasar ini adalah syarat mutlak bagi Taruna AAL kejuruan Korps Marinir untuk lulus dan menyandang pangkat Letnan Dua kelak nanti setelah dilantik” tegas orang nomor satu di AAL.

Turut hadir dalam Hadir dalam kesempatan tersebut, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Kadispsi Angkatan Laut, Seklem AAL, Wadan Puspenerbal, Komandan Lanudal, Komandan Wing Udara 2, Komandan Puslatdiksarmil, Pejabat Utama AAL, Wadan Kolatmar Letkol Mar Abdi Zuanda Tambunan, Komandan Puslatsus Mayor Marinir Mohammad Abdillah M.Tr. Opsla, Katim Pelatih Mayor Mar Tendy Suprabowo, dan Paopslat Kapten Mar Noveludin.

MC101 – Dispen Kormar