Bekerjasama dengan British Council, TNI AU melaksanakan Pelatihan General English Self Access

Bekerjasama dengan British Council, TNI AU melaksanakan Pelatihan  General English Self Access

Media Cakra101, Pada hari ini, Selasa tanggal 27 Oktober 2020 pukul 11.05 Wib telah dibuka pelatihan peningkatan kemampuan Instruktur Bahasa Inggris  di bawah jajaran TNI AU dengan program bernama General English Self Access TNI AU TA. 2020. Program ini merupakan program pertama dari inovasi terobosan yang dibuat oleh Disdikau sebagai bagian dari upaya pembinaan kemampuan para Instruktur TNI AU melalui kerjasama dengan British Council. Lembaga ini dipilih berdasarkan rekomendasi Kedutaan Inggris dan merupakan yayasan Pendidikan dan pengembangan bahasa Inggris di Jakarta. Lebih lanjut, Pelatihan General English Self Access ini secara resmi dibuka oleh Aspers Kasau, Marsda A. Gustav Bruggman, M.Si. Han pada pukul 11.20 Wib secara online dengan dihadiri Atase Pertahanan Kedutaan Inggris, Gcapt. Mike Longstaff; Director of Study British Council, Mr. Colm Downes beserta staf; Kasubdisdikiptek Disdikau beserta Staf dan seluruh peserta pelatihan online General English Self Access.

Dalam sambutannya, Aspers Kasau menyampaikan bahwa Instruktur bahasa Inggris sebagai ujung tombak dari program peningkatan kemampuan bahasa Inggris personel TNI AU adalah bagian terpenting yang harus memdapatkan prioritas untuk lebih meningkatkan kualitas mengajar mereka melalui berbagai bentuk pelatihan peningkatan kemampuan. Sesuai dengan arahan tersebut, Disdikau berkoordinasi dengan British Council untuk melaksanakan kerjasama di bidang peningkatan kemampuan bahasa dan skill mengajar para Instruktur bahasa TNI AU yang dimulai dengan program pelatihan General English Self Access, Teaching with Technology, IELTS Preparation Training dan Ielts Train the Trainer secara berkelanjutan mulai akhir tahun ini sampai akhir tahun depan.

Atase Pertahanan Kedutaan Inggris dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya kerjasama ini merupakan salah satu elemen utama dalam bidang kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Inggris yang akan terus dipupuk untuk memperkuat persahabatan antara negara Inggris dan negara Indonesia. Sehingga beliau berpesan kepada seluruh peserta untuk tetap bersemangat dan menjadikan program ini bermanfaat tidak hanya untuk peningkatan kemampuan pribadi yang bersangkutan maupun kemajuan institusi militer tempat peserta bekerja.

Lebih lanjut Direktur Pendidikan British Council, menambahkan bahwa ada pengalaman positif yang terus beliau ingat saat berkunjung ke salah satu fasilitas pendidikan bahasa Inggris TNI AU, Skadik 505 beberapa tahun lalu. Beliau yakini pengalaman positif ini akan terus berkembang lebih baik dengan bentuk-bentuk upaya kerjasama peningkatan kemampuan Instruktur bahasa Inggris di jajaran TNI AU. Dengan dimulainya Program General English Self Access ini diharapkan kedepan Instruktur TNI AU akan lebih berkualitas dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan TNI AU. Program-program peningkatan kemampuan Instruktur ini lebih jauh juga merupakan bentuk nyata program peningkatan sumber daya personel TNI AU sebagai jawaban dari berbagai tantangan yang dihadapi instruktur TNI AU yang semakin berat di era teknologi 4.0 sekarang ini.

MC101 – Dispenau