Isi Hari Libur Tidur Dalam Yonif 6 Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Peran Kebakaran

Isi Hari Libur Tidur Dalam Yonif 6 Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Peran Kebakaran

Media Cakra101, Cilandak.- Prajurit Tidur Dalam (TD) Batalyon Infanteri 6 Marinir (Yonif 6 Mar) Brigif 1 Mar melaksanakan simulasi latihan peran bahaya kebakaran yang disebabkan hubungan arus pendek atau konsleting listrik yang berada di kelas Lapangan Yonif 6 Mar Kesatrian Marinir Hartono Cilandak Jakarta Selatan. Minggu (01/11/2020).

Latihan ini dilaksanakan oleh seluruh Prajurit Tidur Dalam Yonif 6 Brigif 1 Mar dalam rangka mengecek kesiapsiagaan personel khususnya anggota Tidur Dalam dalam mengantisipasi bila terjadi kebakaran. Dalam kegiatan ini diskenariokan Prajurit TD Yonif 6 Mar yang saat itu tengah beraktifitas di sekitaran lingkungan Batalyon merasa terkejut dan berhamburanĀ  sambil membawa alat pemadam kebakaran dan sebagian personel menyelamatkan dokumen penting.

Simulasi latihan digambarkan bahwa konsleting listrik yang menimbulkan percikan api mengakibatkan terminal listrik terbakar. Kemudian api dengan cepat menjalar ke kelas Lapangan yang terhubung dengan Kompi Markas Yonif 6 Marinir dan menimbulkan asap tebal yang membumbung tinggi ke udara. Seketika itu juga Penjagaan Yonif 6 Mar melaporkan kejadian kebakaran itu ke Pos 1 Brigif 1 Marinir yang berada di samping Gedung Cakra (Mako Brigif 1 Mar).

Dalam waktu singkat seluruh personel Tidur Dalam Yonif 6 Mar yang berada di di lingkungan Batalyon menuju tempat terjadinya kebakaran guna membantu memadamkan api yang mulai merembet ke dalam ruangan-ruangan lain yang ada di tempat tersebut. Masing-masing personel membawa alat pemadam sesuai tugasnya yang terdaftar di organisasai Pemadam Kebakaran (PEK) yang ada di penjagaan dan Kompinya masing-masing. Peralatan yang mereka pergunakan diantaranya tabung CO2, busa, ember air dan gancu.

Komandan Batalyon Infanteri 6 Marinir Letkol Marinir Dwi Hartono, M.Tr.Opsla., menyampaikan meskipun saat ini menginjak musim hujan tidak menutup kemungkinan akan terjadi kebakaran, sehingga kegiatan simulasi peran bahaya kebakaran dan kesiapsiagaan seluruh anggota Yonif 6 Brigif 1 Mar.

MC101 – Dispen Kormar

loading...