Dalam rangka menyambut HUT Ke-4 Kodam XVIII/Kasuari dan Bulan Kasih Papua Barat, Pangdam Berikan Bantuan Sembako kepada masyarakat di 3 Suku Wilayah Papua Barat

Dalam rangka menyambut HUT Ke-4 Kodam XVIII/Kasuari dan Bulan Kasih Papua Barat, Pangdam Berikan Bantuan Sembako kepada masyarakat di 3 Suku Wilayah Papua Barat

Media Cakra101, Manokwari.- Dalam rangka menyambut HUT ke-4 Kodam XVIII/Kasuari dan Bulan Kasih Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) didampingi beberapa pejabat Kodam XVIII/Kasuari, diantaranya Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Djoko Andoko, Irdam, Para Sahli Pangdam, Para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari, serta Dandim 1801/Manokwari memberikan bingkisan paket sembako kepada masyarakat di 3 Suku yang berada di wilayah Papua Barat (Suku Arfak, Suku Maybrat, dan Suku Doreri), Kamis (10/12/2020) di Kampung Arowi, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Dalam sambutannya, Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan sebagai anak adat, dirinya selain bersilaturahmi ke 3 Suku yang ada di wilayah Papua Barat, kegiatan tersebut juga dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-4 Kodam XVIII/Kasuari dan Bulan Kasih Papua Barat, melalui aksi berbagi dan saling mengasihi kepada sesama anak Bangsa.

“Jadi yang Pertama kami datang di sini dalam rangka menyambut HUT ke-4 Kodam XVIII/Kasuari yang akan jatuh pada tanggal 19 Desember, dimana Kodam ini baru berdiri 4 tahun. Ibarat bayi masih kecil jadi semua masih terbatas. TNI berasal dari rakyat, untuk itu semua pengabdiannya diperuntukkan untuk rakyat,” kata Pangdam.

“Kedua, ke depan akan ada perayaan Hari Raya Natal. Terkait itu, Kodam XVIII/Kasuari membuat program Bulan Kasih Papua Barat, dimana kita mengajak semua pihak untuk membangun rasa kasih, saling mencintai, saling peduli, serta menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa. Oleh karenanya kita harus bangun tanah Papua barat ini karena masa depan kita semua tergantung juga dari anak-anak kita,” sambung Mayjen I Nyoman Cantiasa.

Dalam kesempatan ini pula, Pangdam meminta kepada para orang tua agar mendidik anak-anaknya dengan baik dan tidak ada lagi konflik antar sesama.

“Jadi sekali lagi mari kita membangun tanah Papua ini, karena kita sudah merdeka dari kemiskinan, pendidikan, dan lain sebagainya. Untuk itu, kita mendorong anak-anak kita. Sebagaimana Kodam XVIII/Kasuari telah lakukan melalui Program 1.000 Bintara Otsus. Sekarang menjadi tugas kita adalah menyiapkan anak-anak mulai dari pendidikan agar nantinya menjadi pemimpin-pemimpin Papua Barat yang patut untuk dibanggakan,” Lesannya.

Mengakhiri sambutannya, Pangdam mengajak semua warga masyarakat dari beragam suku ini untuk menjaga tanah Papua Barat agar tetap aman dan damai, dalam kehidupan yang penuh kebersamaan.

“Saya sebagai Pangdam XVIII/Kasuari yang baru menjabat selama 2 bulan, mengajak kepada kita semua untuk tetap menjaga tanah Papua Barat ini agar tetap aman dan damai sehingga kita semua bisa bekerja untuk mencari nafkah serta menjalani kehidupan sehari-hari dengan Aman, Tenang dan Tenteram,” tutup Pangdam XVIII/Kasuari dalam sambutannya.

Pada kesempatan bakti sosial ini sejumlah 350 paket sembako yang didistribusikan Kodam XVIII/Kasuari, dimana secara simbolis diserahkan dari Pangdam XVIII/Ksr kepada Kepala Suku Arfak (Kaliopas), Kepala Suku Maybrat (Marthin Nauw), dan Kepala Suku Doreri (Hengki Rumfabe).

MC101 – Pendam XVIII/Ksr