Penataran Nikgarlat TA 2020 Kodam XVIII/Kasuari Ditutup

Penataran Nikgarlat TA 2020 Kodam XVIII/Kasuari Ditutup

Media Cakra101, Manokwari.- Penataran Teknik Penyelenggaraan Latihan diselenggarakan bertujuan untuk menyamakan persepsi dan dijadikan bekal bagi prajurit sekalian dalam pembuatan produk-produk latihan, sesuai dengan Buku Petunjuk (Bujuk) dan Doktrin TNI TNI Angkatan Darat. Untuk itu, diharapkan para peserta penataran mampu mengaplikasikan materi pengetahuan tentang teknik penyelenggaraan latihan tersebut guna tercapainya pembinaan kekuatan dan kemampuan Prajurit Kodam XVIII/Kasuari, melalui latihan yang terukur dan terprogram.

Hal ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Waasops Kasdam XVIII/Kasuari, Letkol Inf Arfan Johan pada acara penutupan Penataran Teknik Penyelenggaraan Latihan (Nikgarlat) Kodam XVIII/Kasuari TA 2020, Jumat (11/12/2020) pagi di Ruang Yudha Makodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua barat.

Lebih lanjut dikatakan, menyiapkan SDM dengan kemampuan personel yang profesional, khususnya dalam teknik penyelenggaraan latihan tidak cukup hanya dibekali melalui penataran yang singkat, sebagaimana yang diselenggarakan oleh Kodam XVIII/Kasuari saat ini.

“Oleh karena itu, saya berharap agar para peserta penataran memanfaatkan waktu yang ada untuk membaca kembali buku-buku referensi yang sudah diberikan kepada para peserta penataran, sehingga kalian dapat mengantisipasi dan meminimalisir berbagai kendala dan temuan yang ada di lapangan,” kata Pangdam.

Secara umum pelaksanaan kegiatan Penataran Nikgarlat yang berlangsung selama 11 hari dan diikuti 63 orang Perwira dan Bintara dari berbagai satuan di jajaran Kodam XVIII/Kasuari yang menangani bidang latihan dan operasi tersebut, seperti Perwira dan Bintara Operasi dari Batalyon dan Kodim,serta para Kasi dan Pasi TUUD Balak dan Balak Aju, dinilai Pangdam sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang diharapkan. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari peran tim yang telah memberikan materi dengan optimal. Sehubungan dengan itu, Pangdam XVIII/Kasuari mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada tim petatar yang telah melaksanakan tugasnya dengan tulus ikhlas dan sungguh-sungguh.

“Semoga apa yang telah diberikan akan dapat lebih mendorong peningkatan pengetahuan tentang teknik penyelenggaraan latihan di satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari, sekaligus kebersamaan yang sudah terjalin selama ini dapat dijadikan jembatan untuk meningkatkan kerjasama di dalam penyelenggaraan latihan, sehingga pelaksanaan latihan dapat dilakukan secara baik dan benar,” harap Mayjen I Nyoman Cantiasa.

“Saya juga ucapkan terima kasih atas partisipasi aktif para peserta sekalian dalam mengikuti kegiatan penataran ini. Hal itu merupakan bukti tingginya rasa tanggung jawab, komitmen, dan kepedulian para peserta untuk senantiasa menyelesaikan tugas dengan baik. Semoga hal tersebut dapat terus ditunjukkan dan diwujudkan dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan secara konsisten di satuan masing-masing,” sambungnya.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr