Pengabdian 20 tahun, Sekbang 60 dan Seknav 8 (Pajero 98)

Pengabdian 20 tahun, Sekbang 60 dan Seknav 8 (Pajero 98)

Cakra101, Yogyakarta.- “Sebagai bentuk ucapan terima kasih dan sebagai bentuk tali silaturahmi dengan almamater tercinta, kami mewakili alumni Sekolah Penerbang (Sekbang) Angkatan 60 dan Sekolah Navigator (Seknav) Angkatan 8 menyerahkan 1 unit kendaraan Mitsubishi Expander kepada Sekolah Penerbang TNI AU. Di almamater inilah kami dilahirkan dan ditempa sehingga bisa mengabdi sebagai perwira penerbang dan navigator sampai dengan saat ini” Demikian ujar Kolonel Penerbang M. Anjar Legowo yang saat ini menjabat sebagai Komandan Wing 3 Lanud Iswahjudi Madiun. Hal itu disampaikan pada saat reuni pengabdian 20 tahun, Sekbang 60 dan Seknav 8 (Pajero 98) yang berlangsung secara sederhana dan virtual yaitu di Mess Wirambara 1, pada hari Jumat, 18 Desember 2020.

Marsma TNI M. Yani Amirullah, Komandan Lanud Adisutjipto menyampaikan ucapan  terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Alumni Sekbang 60 dan Seknav 8 yang telah memberikan apresiasi kepada almamaternya. Beliau berharap semoga hal ini bisa bermanfaat bagi seluruh siswa Sekbang sesuai dengan niat yang diharapkan. Selain itu beliau berharap acara ini bisa diikuti oleh alumni yang lain serta membawa berkah dan kebaikan untuk semuanya, dalam pengabdian kepada TNI Angkatan Udara.

Para alumni Sekbang Angkatan 60 dan Seknav Angkatan 8 memulai masa pendidikan mereka sebagai calon penerbang dan calon navigator pada 4 Oktober 1999. Mereka merupakan Perwira Remaja TNI AU Angkatan 1998, yang baru menamatkan pendidikan militer di Akademi Angkatan Udara (AAU). Pada saat itu, terdapat 33 perwira remaja yang terpilih dan terseleksi untuk masuk menjadi calon penerbang.

Bersama-sama dengan mereka, turut bergabung juga dua perwira calon penerbang dari Kamboja. Adapun jumlah perwira muda yang terseleksi masuk Seknav berjumlah 10 orang. Para perwira muda ini menjalani masa pendidikan mereka selama 13 bulan di Sekolah Penerbang dan Sekolah Navigator yang berbasis di Yogyakarta. Program pendidikan mereka berakhir secara resmi pada 16 November 2000. Letda Pnb M. Anjar Legowo menjadi lulusan terbaik dari Sekbang 60, sedangkan Letda Nav M. Jausan menjadi lulusan terbaik dari Seknav 8 Saat itu, Sekbang 60 meluluskan 34 personel penerbang muda – termasuk dua perwira dari Kamboja; dan Seknav 8 meluluskan 10 personel perwira navigator.

Mengutip quote “One day, you’ll be just a memory for some people. Do your best to be a good one.” (Suatu hari nanti kamu hanya akan menjadi kenangan bagi sebagian orang. Lakukan yang terbaik untuk menjadi kenangan yang baik). Hal inilah yang mengilhami alumni Sekbang 60 dan Seknav 8 selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk almamaternya.

MC101-Dispenau

loading...