Danpuspomad Gelar Konferensi Pers, “Perkembangan Penyelidkan dan Penyidikan sebagai Tindak Lanjut dari Temuan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF)”

Danpuspomad Gelar Konferensi Pers, “Perkembangan Penyelidkan dan Penyidikan sebagai Tindak Lanjut dari Temuan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF)”

Media Cakra101, Jakarta.- Danpuspomad gelar jumpa pers guna memberitakan Perkembangan Penyelidkan dan Penyidikan sebagai Tindak Lanjut dari Temuan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) diadakan di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua, Rabu 21 Oktober 2020.

Konferensi dipimpin oleh Komandan Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat (Danpuspomad) Letjen TNI Dodik Wijanarko, didampingi Kepala Pusat Zeni Angkatan Darat, Mayjen TNI Mohammad Muni, dan Direktur Hukum Angkatan Darat, Brigjen TNI (K) Tetty Melina Lubis. Dalam kesempatannya ini, Danpuspomad mengutarakan sejumlah keterangan atas perkembangan hasil penyelidikan oleh Tim Investegasi Mabesad sebagai berikut:

  1. Kasus pembakaran rumah dinas kesehatan di Hitadipa pada tanggal 19 September 2020.
  2. Kasus penembakan di sekitar bandara Sugapa pada tanggal 7 Oktober 2020, dengan  korban gembala Gereja Katolik, yang diduga salah tembak.
  3. Kasus hilangnya 2 orang yang ditahan di Koramil Sugapa pada tanggal 21 April 2020.
  4. Kasus kekerasan dan penembakan terhadap korban Pendeta Yeremia Zanambani pada tanggal 19 September 2020.

Danpuspomad juga kemudian memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai situasi terkini tiap-tiap kasus dan tindakan-tindakan yang telah / akan diambil secara urut, diantaranya berupa: Kronologis singkat yang disertakan sebagai latar belakang alur peristiwa, pemeriksaan dan penetapan sebagai tersangka atas sejumlah orang berlatar belakang awam atau personel militer (TNI AD), serta informasi mengenai pasal-pasal hukum yang dilanggar dalam kasus-kasus tersebut.

“Perlu saya sampaikan kembali bahwa kasus-kasus yang melibatkan oknum anggota TNI AD di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua akan terus ditindak lanjuti sesuai dengan ketentuan hukum, dan akan diproses secara transparan, tuntas dan tidak ada yang ditutup-tutupi,” tegas Danpuspomad.

MC101 – Dispenad

loading...