Lanud Halim Buka Pendaftaran Prajurit TNI AU

Lanud Halim Buka Pendaftaran Prajurit TNI AU

Cakra101, Halim Perdanakusuma.- TNI Angkatan Udara kembali membuka penerimaan prajurit Bintara pria dan wanita gelombang I di awal tahun 2021.

Lanud Halim Perdanakusuma sendiri menjadi salah satu tempat pendaftaran bagi para pemuda yang ingin menjadi prajurit bintara pria TNI AU. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui http://diajurit.tni-au.mil.id dan telah dibuka sejak awal Januari lalu hingga tanggal 28 Februari 2021 mendatang.

Secara umum persyaratannya adalah Warga Negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945, berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.

Berikutnya tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, sehat jasmani dan rohani, dan tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Selain persyaratan umum, juga ada persyaratan khusus yaitu berijazah SMA/MA IPA, SMK Bidang Teknologi dan Rekayasa (kecuali Teknik Perkapalan, Teknologi Tekstil, Teknik Grafika, Geologi Pertambangan, Instrumentasi Industri, Teknik Kimia, Pelayaran), Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bidang Kesehatan (kecuali Perawatan Sosial), Seni Musik, Bidang Bisnis dan Manajemen (kecuali Keahlian Tata Niaga) bagi bintara pria.

Syaratnya melengkapi ijazah SD, SLTP, SMA/MA/SMK, SKHUN asli serta fotokopi yang telah dilegalisasi (sesuai peraturan Kemendikbud Nomor 29 Tahun 2014 oleh kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kota/kabupaten administrasi yang bersangkutan apabila sekolah yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup dan buku rapor asli SMA/MA/SMK.

Selanjutnya tinggi badan sekurang-kurangnya bagi Bintara PK pria 163 cm dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku, lalu bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan dinas pertama keprajuritan selama 7 tahun (bermaterai), dan untuk SLTA/SMA/MA lulusan tahun 2020 tidak melampirkan SKHUN.

Untuk informasi lebih jelas dapat mengunjungi laman http://diajurit.tni-au.mil.id. Selain itu dapat datang langsung ke kantor Dinas Personel Lanud Halim Perdanakusuma atau menghubungi di nomor 021-8019041.

Jadi jangan ragu, jika ingin menjadi pengawal dirgantara NKRI, segeralah mendaftar di Lanud Halim Perdanakusuma.

MC101 – Pen Halim