TNI AU Terus Lakukan Upaya Evakuasi Pesawat Trigana Air

TNI AU Terus Lakukan Upaya Evakuasi Pesawat Trigana Air

Cakra101, Halim Perdanakusuma.- Tim gabungan TNI AU bersama dengan PT. Angkasa Pura II dalam hal ini Lanud Halim Perdanakusuma dan Bandara Halim Perdanakusuma terus melakukan upaya-upaya untuk mengevakuasi Pesawat Trigana Air PK-YSF yang keluar landasan saat mendarat akibat adanya kendala teknis di Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (21/3/2021).

Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., mengatakan, sesuai arahan pimpinan, maka TNI AU dalam hal ini Lanud Halim Perdanakusuma membantu proses evakuasi pesawat agar Bandara Halim Perdanakusuma dapat segera beroperasi kembali.

“Bersama dengan tim Bandara Halim Perdanakusuma proses evakuasi dilakukan sejak Sabtu (20/3/2021) malam mulai pukul 19.00 WIB, kemudian agar dapat dievakuasi, pesawat dipotong-potong menjadi beberapa bagian sehingga dapat diangkut dan dipindahkan,” ujar Danlanud.

Dijelaskan Danlanud, sekitar 50 personel dari Lanud Halim Perdanakusuma ditambah dengan beberapa alat seperti Crane, Keyloader, Forklift, Lowbed Truck, Towing Tractor, kendaraan taktis, mobil Damkar serta mobil VCP dikerahkan untuk membantu proses evakuasi.

Untuk sementara, potongan-potongan pesawat ini akan diletakkan di sekitar Hanggar Skadron Teknik 021 dan menunggu perencanaan selanjutnya.

“Diharapkan, jika tidak ada kendala, sore nanti evakuasi dapat diselesaikan dan Bandara Halim Perdanakusuma akan dapat kembali beroperasi dengan normal,” kata Danlanud.

Seperti diketahui, pesawat Trigana Air PK-YSF yang membawa kargo dengan rute Halim Perdanakusuma menuju Makassar mengalami insiden setelah melakukan prosedur return to base (RTB) karena adanya kendala teknis, yang mengakibatkan pesawat keluar landasan.

Berkaitan dengan insiden ini, TNI AU dalam hal ini Lanud Halim Perdanakusuma juga turut mengerahkan personel dan peralatannya untuk membantu proses evakuasi pesawat bersama dengan Bandara Halim Perdanakusuma, mulai dari penanganan kondisi kedaruratan awal hingga evakuasi pesawat.

MC101 – Pen Halim