Peringati HUT, Museum Pusat TNI AU Gelar Lomba Menulis

Peringati HUT, Museum Pusat TNI AU Gelar Lomba Menulis

Cakra101, Yogyakarta.-​ Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Kolonel Sus Yuto Nugroho, S.S. menyerahkan hadiah lomba menulis esai di Pringgitan Monumen Perjuangan TNI AU, Ngoto Bantul, Senin (19/4).

Lomba yang digelar bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta ini dalam rangka memperingatai Hari Ulang Tahun ke-52 Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) yang jatuh pada tanggal 4 April lalu.

Dengan mengangkat tema Museum Dirgantara Mandala Kebanggaanku, lomba menulis ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi di kalangan generasi milenial. Lomba menulis esai diikuti 52 peserta, yang berasal dari siswa Sekolah Menengah Atas se Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Kepala Muspusdirla mengungkapkan, budaya membaca buku dan menulis di kalangan generasi milenial masih sangat kurang. Hal ini menurutnya dipengaruhi oleh hadirnya gadget yang sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup.

“Alih-alih membaca buku dan menuliskan buah pikiran, generasi milenial justru lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget dan membaca status atau tulisan pengguna media sosial lain,” terang Kepala Muspusdirla.

Kepala Muspusdirla menambahkan, melalui lomba menulis esai diharapkan dapat menumbuhkan budaya literasi di kalangan generasi milenial, yang kedepannya tidak hanya gemar membaca buku dan menulis saja, namun generasi milenial juga bisa mengkaji dan memberikan solusi.

Jaura I diraih Zahrotun Qurrata A’yuni, Juara II Salma Nur Azizah, keduanya dari SMA N 1 Yogyakarta dan Juara III Ulima Fauzia Elisa dari SMA N 1 Bambanglipuro. Sementara Juara Haparan I dan II masing-masing diraih Berlian Alya Nurhazhizha dari SMA N 1 Bantul dan Febrianto Agung Nugroho dari SMA N 1 Yogyakarta. Untuk Juara Favorit I diraih Afifah Nur Isnaini dari SMA N 1 Lendah dan Juara Favorit II Muhammad Faizal Hanif dari SMA N 1 Yogyakarta. Selain trophy untuk juara I, II dan III, semua juara mendapatkan uang pembinaan dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

MC101 – Dispenau