Korps Marinir TNI AL dan USMC Tegaskan Komitmen untuk Terus Menjalin Kerjasama

Korps Marinir TNI AL dan USMC Tegaskan Komitmen untuk Terus Menjalin Kerjasama

Cakra101, Jakarta.- Korps Marinir TNI AL dan United States Marine Corps (USMC) berkomitmen untuk terus memelihara dan menigkatkan hubungan kerja sama, baik dalam bidang latihan bersama, pendidikan maupun berbagai aspek kerjasama lainnya. Hal tersebut ditegaskan dalam forum pertemuan virtual (Video Teleconference) antara Komandan Korps Marinir TNI AL (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono dengan Komandan United States Marine Forces Pacific (U.S. MARFORPAC) Lieutenant General Steven R. Rudder di Ruang Vicon Puskodal Korps Marinir TNI AL , Jl. Prajurit KKO Usman Harun No.40 Kwitang , Jakarta Pusat, Rabu, (19/05/2021).

Pertemuan tersebut diselenggarakan atas inisiasi dari pihak Komandan U.S. MARFORPAC untuk dapat bertatap muka secara langsung dengan Dankormar guna membicarakan prospek kerjasama strategis kedepan dan memelihara hubungan antara Korps Marinir TNI AL dan U.S. MARFORPAC yang telah terjalin selama ini dalam berbagai lingkup kegiatan kerjasama baik dalam forum bilateral maupun multilateral bersama Angkatan Bersenjata negara-negara sahabat di kawasan Indo-Pasifik.

“Pada Kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa Korps Marinir selalu mendukung pengembangan Kerjasama guna menunjang peran kedua belah Pihak sebagai kekuatan bangsa yang siap dioperasionalkan kapan saja dengan fokus pada domain Operasi Amfibi sebagai common major business kita”, ungkap Dankormar.

Komandan U.S. MARFORPAC juga menyampaikan antusiasme untuk terus bekerja sama dengan Korps Marinir dan menyampaikan peluang untuk memfasilitasi kegiatan latihan bersama di fasilitas latihan USMC yang memiliki berbagai jenis medan yang menantang seperti gurun maupun pegunungan bersalju dalam rangka meningkatkan kemampuan Korps Marinir.

Dalam pertemuan ini, Komandan U.S. MARFORPAC turut mengapresiasi kontribusi Korps Marinir dalam kegiatan pertemuan para komandan pasukan amfibi di wilayah Indo- Pasifik dalam forum Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) 2021 yang akan diselenggarakan secara virtual pada tanggal 20 Mei 2021 dan menyambut baik keinginan Korps Marinir untuk menjajaki peluang menjadi Co-Host kegiatan pertemuan tersebut di masa yg akan datang.

Pada akhir pertemuan, Dankormar menyampaikan,
“Saya berharap pertemuan ini dapat membantu kita untuk saling memahami tujuan bersama dan fokus kedua Korps Marinir. Dimana kita bahu membahu untuk mewujudkan kepentingan bersama dan mendukung satu sama lain sekaligus membangun rasa saling percaya”, harap Dankormar.

Dalam acara tersebut turut mendampingi Dankormar , Asintel Komandan Korps Marinir Kolonel (Mar) Bambang Wahyuono, S.A.P , Asisten Operasi Komandan Korps Marinir Kolonel (Mar) Ahmad Fajar dan Sahli E Bidang Kersamil Kolonel (Mar) Didiet Hendra Wijaya, M.MP.

MC101 – Dispen Kormar