Peringatan HUT Ke-70 Koopsau di Lanud Halim Perdanakusuma

Peringatan HUT Ke-70 Koopsau di Lanud Halim Perdanakusuma

CAKRA101, Pen Halim. Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan HUT ke-70 Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) di Apron Wing Udara I Lanud Halim, Selasa (15/6/2021).

Upacara sendiri dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku dan diikuti para pejabat lanud serta perwakilan personel Lanud Halim Perdanakusuma.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E.,M.P.P., dalam sambutannya yang dibacakan Danlanud mengatakan di tengah situasi pandemi khususnya dalam satu tahun terakhir ini, Koopsau semakin mempertegas perannya yang tangguh, lewat keberhasilan dalam menyelenggarakan berbagai tugas yang diamanahkan kepadanya.

“Koopsau dan lanud jajaran, di antaranya telah mengerahkan kemampuan terbaik dalam melaksanakan upaya mitigasi bencana alam maupun non-alam, penanggulangan kelompok kriminal separatis bersenjata, serta dukungan kepada pemerintah dalam mempercepat penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Kasau.

Melalui peringatan hari jadi Koopsau tahun ini, Kasau juga mengajak seluruh satuan jajaran Koopsau I, Koopsau II dan Koopsau III, untuk terus beradaptasi dan mengevaluasi diri, serta terus melakukan perbaikan, sesuai dengan tuntutan dan perubahan zaman.

“Amati setiap perubahan yang terjadi, serta evaluasi setiap operasi dan latihan yang dilaksanakan. Jadikan keselamatan sebagai landasan dalam setiap pelaksanaan tugas. Saya yakin dan optimis, segenap personel Koopsau mampu mewujudkan tugas dan amanah ini, baik di masa kini maupun di masa yang akan datang,” ujar Kasau.

Dalam kesempatan ini Kasau turut menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, serta berpesan kepada segenap prajurit dan PNS jajaran Koopsau di mana pun berada dan bertugas, untuk meningkatkan motivasi dan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas-tugas selanjutnya. Terus tingkatkan kewaspadaan, dan terus tumbuhkan safety culture di setiap satuan hingga unit kerja terkecil.

“Iringi setiap tugas dengan prinsip kehormatan dan dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga tugas-tugas yang diamanahkan dapat senantiasa terlaksana dengan hasil terbaik serta dalam kondisi selamat dan aman,” tutup Kasau.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran dan pemotongan tumpeng yang juga berlangsung secara sederhana namun khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

MC101 – Pen Halim