Animo Masyarakat Tinggi Ikuti Serbuan Vaksinasi di Bandara Soekarno Hatta

Animo Masyarakat Tinggi Ikuti Serbuan Vaksinasi di Bandara Soekarno Hatta

CAKRA101, Cengkareng.- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 TNI Angkatan Udara bekerja sama dengan Komunitas Bandara Internasional Soekarno Hatta (Kombata) melaksanakan serbuan vaksinasi tahap I jenis Sinovac yang ditujukan kepada Stakeholder Bandara, di Terminal 1 A Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. Sabtu (10/7/2021).

Pada hari kedua, kegiatan serbuan vaksinasi di Bandara Soekarno Hatta, atau hari terakhir, animo sangat tinggi, menurut data yang diterima sebanyak 4.023 orang telah menerima vaksinasi tahap I, para peserta didominasi oleh Komunitas yang ada di Bandara seperti ground handling, penumpang, calon penumpang, dan masyarakat disekitar wilayah Cengkareng, Tangerang, Banten.

Kegiatan ini melibatkan gabungan tenaga kesehatan (Nakes) TNI AU sebanyak 60 Nakes meliputi, RSAU dr. Esnawan Antariksa, Lakespra dr. Saryanto, Lakesgilut, Kohanudnas, Koopsau I, dan Lanud Atang Sendjaja Bogor.

Tidak hanya dari TNI AU saja, kegiatan ini juga didukung oleh Dokter dari Ikatan Dokter Ibu dan Anak (IDAI) Banten, serta 65 Nakes dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas 1 Bandara Soekarno Hatta juga ikut membantu dalam pelaksanaan vaksinasi ini.

Pangkoopsau I Marsda TNI Tedi Rizalihadi disela-sela kegiatan peninjauan menyampaikan di hari kedua serbuan vaksinasi, kita dapat melihat animo warga masyakarat, penumpang maupun calon penumpang cukup tinggi, selain itu kesadaran anak-anak remaja usia 12 s.d 17 cukup tinggi, ini menandakan bahwa anak-anak remaja tersebut sudah teredukasi dengan baik.

Adapun demi kelancaran dan tertibnya pelaksanaan serbuan vaksinasi ini, Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Paskhas) 467 sebanyak 22 personel dan Satuan Polisi Militer TNI Angkatan Udara (Pomau) Lanud Halim Perdanakusuma dan Koopsau I sebanyak 25 personel diterjunkan dalam mengamankan jalannya kegiatan vaksinasi tahap I di Bandara Soekarno Hatta ini.

Selain itu, arahan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Hari ini, Pukul 10.07 WIB, seluruh masyarakat Indonesia diajak melakukan doa dan heningkan cipta untuk pasien meninggal Covid-19 selama 60 detik.

Kepala Kesehatan (Kakes) Koopsau I Kolonel Kes dr. Budi Saptono, Sp.P.D., meminta pada jam tersebut seluruh yang hadir di Terminal I A Bandara Soekarno Hatta sejenak menghentikan segala aktivitas untuk memanjatkan doa dan beri penghormatan kepada mereka yang gugur pada masa pandemi.

“Mari kita heningkan cipta selama 60 detik. Hentikan sejenak segala aktivitas, mendoakan yang terbaik untuk para Nakes, relawan, masyarakat, dan semua yang telah mendahului kita,” kata Kakes Koopsau I.

Salah seorang vaksinator dari TNI AU yaitu, Sersan Satu (Sertu) Evy Srihartati yang sehari-hari berdinas di Poliklinik Denma Koopsau I menceritakan sejak awal tahun 2021 sudah terjun menjadi vaksinator.

“Kami senang membantu masyarakat guna menciptakan herd immunity supaya tetap sehat dan membantu pemerintah dalam menekan kasus penyebaran Covid-19 yang sedang berlangsung ini,” ucap Sertu Evy.

Salah seorang keluarga dari Kombata, Ratih Larasati umur 25 asal Bogor mengatakan, mendapatkan informasi diselenggarakannya vaksinasi oleh TNI AU dan Kombata, karena mendapat informasi dari saudaranya yang berkerja di Bandara Soekarno Hatta.

“Untuk dapat mengikuti kegiatan vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta, saya terlebih dahulu menginstal aplikasi pedulilindungi.id. dan registrasi di https://bit.ly/SERBUAN-VAKSINASI-COVID19-TNIAU-KOMBATA, untuk kemudian mendapatkan konfirmasi melalui whatsapp, setelah itu datang ke Terminal Kedatangan 1 A Bandara Soekarno Hatta dengan membawa KTP,” ungkap Ratih Larasati.

“Semoga dengan adanya pelaksanaan vaksinasi khususnya yang digelar oleh TNI AU diharapkan dapat menurunkan kasus Covid-19 yang ada di Jabodetabek, ” pungkasnya.

Adapun kegiatan vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB, berlangsung tertib, aman, dan lancar.

MC101 – Dispenau