Hari Sabtu-Minggu, 35 Lokasi Vaksinasi TNI AU Diserbu Warga Masyarakat

Hari Sabtu-Minggu, 35 Lokasi Vaksinasi TNI AU Diserbu Warga Masyarakat

CAKRA101, Lebih dari 35 lokasi pelaksanaan vaksinasi gratis yang digelar TNI Angkatan Udara, diserbu warga masyarakat yang ada di seluruh Indonesia. Ke-35 lokasi tersebut tersebar dari pulau Sabang sampai Merauke, Papua.

Hal ini diungkap oleh Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S. Sos setelah menerima laporan pelaksanaan vaksinasi akhir pekan pada hari ini, Minggu (18/7/2021).

“Ini melebihi ekspektasi kami, semangat dan antusiasme warga begitu tinggi mengikuti vaksinasi serentak pada hari Sabtu dan Minggu. Hampir di seluruh jajaran TNI AU yang melaksanakan vaksin mencapai target yang ditentukan, bahkan ada yang melebihi target,” ungkap Marsma Indan.

Kadispenau juga menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih dari Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P kepada seluruh jajaran TNI AU yang telah menindaklanjuti instruksi Panglima TNI dalam menyelenggarakan vaksinasi pada akhir pekan dengan lancar, aman dan sukses.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan kepada warga masyarakat yang telah berpartisipasi pada program serbuan vaksinasi TNI-Polri, sehingga diharapkan terciptanya kekebalan komunal.

Pelaksanaan vaksinasi gratis secara serentak ini, juga mendapat respon positif warga, salah satunya dari warga masyarakat yang berdomisili di Cipayung, Nuansa. Nuansa mengapresiasi fasilitas kesehatan yang disiapkan TNI AU selama proses vaksinasi.

“Fasilitas yang disiapkan memberikan kenyamanan pada saat vaksin, termasuk juga layanan dari petugasnya, kami juga diberi snack oleh petugas,” ungkap Nuansa yang melaksanakan vaksinasi di Markas Komando Operasi Angkatan Udara I (Makoopsau I), Jakarta Timur.

Pelaksanaan vaksinasi di Makoopsau I ini, menargetkan 2.000 dosis vaksin dalam dua hari ini, target tersebut diperkirakan tercapai melihat antusias masyarakat DKI Jakarta yang berpartisipasi. Makoopsau I bahkan menyiapkan cadangan vaksin apabila masih ada warga yang akan divaksin.

Pangkoopsau I, Marsda TNI Tedi Rizalihadi menyampaikan, vaksinasi yang digelar satuannya diserbu berbagai kalangan masyarakat, termasuk remaja dan pelajar dengan rentang usia 12-17 tahun. Vaksinasi Covid-19 kepada remaja dilakukan dengan cara yang sama dengan vaksinasi pada masyarakat usia 18 tahun ke atas, hal ini sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI.

Selain di DKI Jakarta, Kadispenau juga optimis, seluruh satuan jajaran TNI AU yang menggelar vaksinasi pada hari Sabtu-Minggu ini, mendapat respon yang sama dari warga di wilayahnya masing-masing.

Disampaikannya, dalam penyelenggaraannya, TNI AU juga berkolaborasi dengan berbagi pihak, baik sesama TNI-Polri, instansi pemerintah daerah setempat, maupun berbagai pihak lainnya, termasuk badar udara yang ada di seluruh Indonesia.

“Serbuan vaksinasi TNI-Polri kita optimalkan dengan menyasar berbagai kalangan dan lapisan masyarakat, termasuk di bandara-bandara yang ada di seluruh Indonesia, semuanya terselenggara atas kerjasama berbagai pihak,” ujar Kadispenau

Guna memudahkan pendataan dan pemantauan jalannya vaksinasi, TNI AU melaksanakan monitoring dan evaluasi yang dikoordinir oleh tiap-tiap Komando Utama TNI AU (Kotama TNI AU), diantaranya Koopsau I, II, III, Kodiklatau dan Korpaskhas.

“Efektifitas pelaksanaan vaksinasi dikoordinir oleh tiap-tiap Kotama, dan dilaporkan secara berjenjang ke komando atas,” tutup Kadispenau.

MC101 – Dispenau