Tinjau Vaksinasi di Pulau Terpencil, Danrem 023/KS Bantu Sembako dan Perlengkapan Sekolah

Tinjau Vaksinasi di Pulau Terpencil, Danrem 023/KS Bantu Sembako dan Perlengkapan Sekolah

CAKRA101, Jakarta.- Komandan Korem 023/Kawal Samudera, Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang,S.H,M.M memberikan apresiasi atas tingginya partisipasi masyarakat Pulau Mursala yang sangat antusias mengikuti Serbuan Vaksinasi TNI dosis kedua.

Hal itu disampaikan Pemegang tongkat Komando Korem 023/Kawal Samudera tersebut, saat melaksanakan peninjauan proses vaksinasi dosis kedua di wilayah Kodim 0211/Tapanuli Tengah, Sabtu (31/07/21).

Dalam keterangan tertulis Kodim 0211/Tapteng, Minggu (1/8/2021), kegiatan digelar di pulau terpencil, yakni Pulau Mursala, yang merupakan bagian dari Desa Tapian Nauli 1, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Antusias masyarakat sangat bagus, mereka tidak ragu-ragu untuk divaksin. Lagi pula, vaksinasi ini sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh, agar mampu membentengi tubuh kita dari paparan Virus Corona,” ucap Danrem.

Dalam kunjungannya, Orang nomor satu di Korem 023/KS itu juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat sekitar, yaitu berupa 100 paket Sembako dan 30 paket perlengkapan sekolah untuk anak-anak sekolah di Pulau terpencil Kabupaten Tapanuli Tengah itu.

“Saya mengingatkan kepada masyarakat, walaupun sudah divaksinasi dosis I dan II, harus tetap mentaati protokol kesehatan dimanapun berada. Tetap menerapkan 5M, seperti wajib memakai masker, mencuci tangan usai beraktivitas, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pungkas Perwira Lulusan Akademi Militer Tahun 1995 itu.

Pulau Mursala merupakan pulau terluar dari Kabupaten Tapteng. Pulau ini terletak di sebelah Barat Daya Kota Sibolga. Untuk mencapai ke Pulau ini, hanya bisa melalui jalur laut menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Sementara itu, Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex,S.Sos memaparkan, dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19 dosis kedua di wilayah teritorial Kodim 0211/Tapanuli Tengah, penyuntikan vaksin secara massal dilakukan hingga ke pelosok daerah. Bahkan, vaksinasi ‘Dalihan Na Tolu’ menyasar hingga ke pulau terluar Tapteng.

“Kita berharap serbuan vaksinasi TNI dosis I dan dosis II bisa menjangkau secara menyeluruh, sehingga laju penyebaran Covid-19 bisa Kita kurangi, bahkan dihentikan,” tukas Dadang Alex.

Menurut Perwira TNI-AD Lulusan Akademi Militer Tahun 1999 itu, vaksinasi massal dosis kedua ini dalam rangka serbuan vaksinasi TNI. Pelaksanaannya digelar oleh Pemkab Tapteng bersama Kodim 0211/TT, Lanal Sibolga dan Sat Radar 234 Sibolga.

Sementara itu, tokoh nasyarakat Pulau Mursala, Ama F Gulo mengucapkan terima kasihnya kepada Pemerintah dan TNI yang telah melaksanakan program vaksinasi dosis kedua secara gratis kepada warga, khususnya bagi warga yang berada di pulau terpencil.

“Kami tidak perlu jauh-jauh lagi untuk vaksinasi, dekat dan mudah. Kami juga mendapat bantuan paket sembako dan perlengkapan sekolah untuk anak-anak kami. Terima kasih buat bapak-bapak TNI yang sudah banyak membantu kami warga Pulau Mursala,” ungkap Ama F Gulo.

Dalam kunjungannya ke Pulau Mursala, Danrem 023/KS bersama Ketua Koorcab Korem 023/KS PD I/BB Ny Ina Febriel Sikumbang didampingi Dandim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex,S.Sos, Danramil 05/Kolang Kapten Inf Legiman, Ketua Persit Cabang XLIV Dim 0211/TT, Ny Dadang Alex,S.Sos beserta Pengurus lainnya, Ketua IKKT PWA Sat Radar 234 Sibolga, Danik Damardita dan petugas Dinas Kesehatan Pemkab Tapteng.

MC101 – Dispenad