Kunker ke Lanud Iswahjudi, Kasau Tinjau FWIC dan Radar APP

Kunker ke Lanud Iswahjudi, Kasau Tinjau FWIC dan Radar APP

CAKRA101, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Lanud Iswahjudi, Senin (2/8/2021).

Didampingi oleh sejumlah pejabat utama TNI AU, keberangkatan Kunker ini menggunakan pesawat VIP TNI AU jenis Boeing
737- 500 A-7307 dari Skadron Udara 17.

Setibanya di Lanud Iswahjudi, Kasau menerima laporan Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Untung Suropati, S.E yang dilanjutkan dengan Jajar Kehormatan.

Salah satu agenda Kasau pada kunker ini adalah meninjau pelaksanaan Fighter Weapon Instructor Course (FWIC) TNI AU tahun 2021.

Pada peninjauan ini, Kasau menerima laporan tentang pelaksanaan FWIC TNI AU tahun 2021, yang dipaparkan oleh Direktur FWIC, Kolonel Pnb M. Anjar Legowo di gedung Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI).

Setelah menerima laporan, Kasau menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas penyelenggaraan FWIC.

“Pelaksanaan FWIC ini tidaklah mudah, tapi dengan kemampuan yang dimiliki dan didukung oleh seluruh pihak, FWIC dapat berlangsung dengan aman dan lancar,” ungkap Kasau.

Kepada seluruh peserta FWIC, kasau berharap, agar kemampuan yang dimiliki, terus dijaga dan terus ditingkatkan.

“Jaga dan tingkatkan kemampuan yang ada, serta gali ilmu lebih dalam lagi, dan tingkatkan terus wawasan,'” harap Kasau.

Pelaksanaan FWIC pada tahun ini, diselenggarakan secara mandiri oleh TNI AU, dimana sebelumnya bekerjasama dengan negara lain dan mendatangkan tenaga ahli luar negeri.

Kepada penyelenggara FWIC, Kasau juga menginstruksikan, agar melakukan evaluasi secara menyeluruh, guna mengetahui kelebihan dan kekurangannya, untuk peningkatan kegiatan serupa, di masa yang akan datang.

FWIC merupakan kursus kualifikasi bagi seorang instruktur penerbang tempur. Kursus ini bertujuan mencetak para penerbang tempur berkualifikasi Fighter Weapon Instructor (FWI), yang nantinya diproyeksikan menjadi penasehat bidang pertempuran udara pada tingkat taktis dan tingkat operasional.

Selama kursus, para peserta dibekali ilmu pengetahuan yang terkait dengan taktik pertempuran udara dan penggunaan senjata udara.

FWIC tahun 2021 ini diikuti oleh 5 penerbang, yang berasal dari Skadron Udara 3, 11, 15, 16 dan Skadron Udara 21.

Adapun pesawat tempur yang digunakan adalah, Sukhoi, F-16 Fighting Falcon, T-50i Golden Eagle, dan EMB-314 Super Tucano. Selain itu, juga dilibatkan pesawat C-130 Hercules, CN-295 dan pesawat helikopter.

Saat kunker, Kasau juga berkesempatan meninjau sejumlah fasilitas latihan di Lanud Iswahjudi, salah satunya adalah Radar APP.

Fungsi Radar APP ini adalah untuk mengarahkan pesawat tempur secara langsung, saat melakukan misi operasi udara ataupun saat melaksanakan latihan.

Turut mendampingi Kasau saat kunker ini, Para Asisten Kasau, Dankoharmatau, Dankorpaskhas, Pangkoopsau II, Kaskoopsau II, Wakapuslaiklambangjaau, Kadispenau, dan sejumlah Kepala Dinas Mabesau lainnya.

MC101 – Dispenau