Sedekah Subuh, Bantu Ekonomi Warga Karimun Di Masa Pandemi Covid-19

Sedekah Subuh, Bantu Ekonomi Warga Karimun Di Masa Pandemi Covid-19

CAKRA101, Jakarta.- Masa pandemi Covid-19 sangat berimbas pada sektor ekonomi. Belum lagi segala hiruk-pikuk pembatasan segala aktivitas masyarakat yang diterapkan nyatanya memiliki dampak secara luas.

Ekonomi yang sudah terlanjur terdampak akibat Corona, menjadi alasan utama terhadap penggalakkan program yang diberi nama ‘Sedekah Subuh’ oleh Kodim 0317/TBK.

Dalam keterangan tertulis Kodim 0317/TBK, Jumat (6/8/2021), program ini digagas oleh Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Agus Rediyanto.

Menurutnya, aksi berkesinambungan ini diharapkan dapat menopang kehidupan masyarakat pada masa sulit seperti saat ini.

“Selain manfaat sedekah subuh ini untuk beramal yang sangat luar biasa, tentu ekonomi masyarakat yang membutuhkan akan sangat terbantu,” ucap Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Agus Rediyanto.

Secara teknis, para babinsa dan bhabinkamtibmas akan datang langsung kepada masyarakat menyerahkan bantuan berupa bahan sembako yang diperoleh dari hasil sedekah subuh.

“Ini harus tepat sasaran, sedekah ini memang harus diterima oleh orang yang membutuhkan, maka kita gerakan babinsa dan bhabinkamtibmas untuk turun langsung membagikan,” kata dia.

Sedekah ini diperoleh dari pada donatur dan prajurit berkenan menyisihkan sebagian rezeki yang didapat untuk membantu masyarakat terdampak Covid -19.

“Kegiatan ini akan terus berlanjut. Sama-sama kita berjuang menghadapi pandemi ini,” tuturnya.

Sementara Bupati Karimun, Aunur Rafiq, menyambut baik program berbagi tersebut. Orang nomor satu di Karimun itu mengungkapkan jika melalui sedekah subuh itu sangat meringankan beban yang dirasakan masyarakat yang kurang mampu dalam sisi ekonomi.

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan apresiasi kepada komandan Kodim yang menggagas kegiatan sedekah subuh ini,” kata Rafiq.

Menurutnya, sasaran dari program ini tentu akan membantu masyarakat yang tidak mampu dalam sisi ekonomi karena terimbas Covid -19.

“Saya juga mengharapkan dari berbagai elemen masyarakat dari Ormas, OKP yang punya kepedulian mungkin dapat menggerakkan donatur yang memiliki kemampuan,” jelasnya.

Salah seorang warga Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Rohani, mengakui jika bantuan yang diberikan kepadanya akan sangat berarti.

“Kami rasakan selama Corona ini semakin sulit, belum lagi kebutuhan anak. Bahkan sampai saat ini untuk bisa makan saja kita syukur. Maka dengan bantuan bapak-bapak TNI, kami tidak menafikan sangat bermanfaat. Sangat bermanfaat untuk kami rakyat kecil ini,” pungkasnya.

MC101 – Dispenad