Kolaborasi dan Sinergitas Kemenhub RI dengan Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL Gelar Serbuan Vaksin di Banyuwangi

Kolaborasi dan Sinergitas Kemenhub RI dengan Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL Gelar Serbuan Vaksin di Banyuwangi

CAKRA101, Sidoarjo.- Kolaborasi dan Sinergitas Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dengan Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL menggelar serbuan Vaksinasi Covid-19, untuk masyarakat maritim di Pelabuhan Tanjungwangi Ketapang Banyuwangi Jawa Timur. Kamis (12/08/2021).

Serbuan vaksinasi covid-19 untuk masyarakat maritim tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok agar dapat mengendalikan penyebaran Covid-19. Selain itu kolaborasi dan sinergitas antara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dengan Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL, melaksanakan vaksinasi di pelabuhan Tanjungwangi ini merupakan wujud kesungguhan pemerintah dalam menangani penyebaran pandemi Covid-19, baik dari segi kesehatan maupun pemulihan ekonomi masyarakat.

Kali ini sebanyak 1500 dosis pertama vaksin Astra Zeneca, dan 80 dosis ke 2 Sinovac, dengan vaksinator tenaga medis dari Batalyon Kesehatan Menbanpur 2 Marinir Pasmar 2, Dinas Kesehatan Banyuwangi, Balai Pengobatan Lanal Banyuwangi, dan KKP Banyuwangi.

Warga masyarakat yang mengikuti vaksin ini harus melalui beberapa tahapan, dimulai dari pendaftaran, verifikasi data calon penerima vaksin, pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh, serta screening status kesehatan, selanjutnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan terakhir pemantauan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) selama 30 menit, setelah melalui semua tahapan, peserta akan diberikan kartu vaksinasi dan menuju ke Ganila mobil dapur Marinir untuk mendapatkan makan gratis. Selain dilaksanakan vaksin juga di berikan bantuan sembako kepada masyarakat maritim terdampak pandemi.

Direktur Jendral Perhubungan Darat Budi Setyadi mengatakan bahwa acara vaksinasi ini terselenggara atas inisiatif dari Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., sedangkan Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya program vaksin di pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi ini, semoga dapat meningkatkan ketahanan fisik masyarakat sehingga terbentuk herd immunity dalam menghadapi pandemi covid-19.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Jendral Perhubungan Darat Budi Setyadi, Direktur TSDP Cucu Mulyana, Sekda Banyuwangi Mujiono, Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara, S.E., Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi dan Unsur Forkopimda Banyuwangi lainya.

MC101 – Dispen Kormar