Dankormar Ikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Daring

Dankormar Ikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Daring

CAKRA101, Jakarta.- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-76 RI yang digelar di Istana Merdeka secara virtual di Taman Beringin Markas Komando Korps Marinir Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No 40 Kwitang Jakarta Pusat. Selasa (17/8/2021).

Dalam kegiatan yang digelar secara virtual tersebut, Komandan Korps Marinir didampingi oleh Wakil Komandan Korps Marinir (Wadankormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E.,M.M.,M.Tr.Opsla., Irkormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono, Koorsahli Dankormar Kolonel Marinir Edy Setiawan, M.M dan seluruh Asisten dan Kadis di jajaran Korps Marinir.

Seperti tahun lalu, upacara HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini dilakukan secara terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut dilakukan untuk lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan karena pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air Indonesia.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya diikuti oleh Dankormar dan Pejabat Utama Korps Marinir, namun juga ikuti dan disaksikan secara virtual oleh seluruh Prajurit Petarung dan PNS serta Keluarga Korps Marinir TNI AL yang berada di seluruh penjuru Tanah Air Indonesia.

Dengan mengusung tema “Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh” Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di Halamam Istana Merdeka dengan mengenakan pakaian adat Lampung berupa setelan berwarna putih dipadukan sarung dan kain songket berwarna merah-emas.

Adapun peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilakukan tepat pukul 10.10 WIB yang ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali. Setelah itu dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, pembacaan doa dilakukan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan prosesi pengibaran bendera merah putih oleh Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

MC101 – Dispen okrmar