Dankormar Resmikan Taman Wanarata

Dankormar Resmikan Taman Wanarata

CAKRA101, Jakarta.- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono meresmikan Taman Wanarata di Mako Komando Korps Marinir di Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No. 40 , Kwitang, Jakarta Pusat (17/08/2021). Taman baru yang diresmikan mengalami renovasi yang cukup besar. Diharapkan taman tersebut bisa dimanfaatkan oleh Prajurit Korps Marinir .

Dalam rangkaian acara peresmian tersebut diawali dengan penayangan video singkat Sejarah Wanarata, penandatanganan prasasti , pembacaan doa dan ramah tamah.

Desa Wanarata berada di Pemalang Jawa Tengah. Didalam sejarahnya, di daerah Wanarata adalah ada suatu peristiwa yang sangat heroik pernah gugur seorang pewira KKO Letnan KKO Soetomo pada tanggal 25 Juni 1949 dalam perlawanan terhadap Belanda di daerah Wanarata pada saat penjajahan Belanda. Perlu diketahui sebagai bentuk penghargaan warga Desa Wanarata akan jasa pahlawan, Nama Soetomo pun diabadikan sebagai nama jalan, yaitu Jalan Sutomo yang membentang dari Desa Pegiringan sampai Dukuh Karangpucung Desa Wanarata dan serta beberapa lokasi bersejarah Jembatan Kapten Warih Prabowo yang menghubungkan Desa Banjarsari dan Wanarata, nama desa Wanarata, Kebobung, Karangpucung, Bodas, Watukumpul, Gumanti dan Gunung Jaya diabadikan menjadi nama Gedung di Kesatrian Wonokitri Opak Lanmar Surabaya serta Tugu Letnan Soetomo.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Komandan Korps Marinir (Wadankormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E.,M.M.,M.Tr.Opsla., Irkormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono, Koorsahli Dankormar Kolonel Marinir Edy Setiawan, M.M , seluruh Asisten dan Kadis di jajaran Korps Marinir.

MC101 – Dispen Kormar