RS DARURAT COVID 19 KORPS MARINIR TNI AL SIAP TAMPUNG 800 PASIEN

RS DARURAT COVID 19 KORPS MARINIR TNI AL SIAP TAMPUNG 800 PASIEN

CAKRA101, Surabaya- Rumah Sakit Darurat Covid 19 Korps Marinir TNI AL siap tampung 800 pasien Covid 19 usai diresmikan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. yang didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono dan Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. yang di gelar di Kesatrian Usman Pangkalan Marinir (Lanmar) Surabaya. Jalan Jambi Surabaya, Darmo, Kecamatan. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jumat (20/08/2021).

Rumah Sakit Darurat yang berada di Pangkalan Marinir Surabaya tersebut nantinya akan difokuskan untuk perawatan pasien terpapar covid 19 dengan bergejala ringan, sedangkan daya tampung RS Darurat tersebut memiliki kapasitas sampai 800 pasien, yang didalamnya sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang mulai dari sarana inap, sanitasi, tempat berjemur kamar mandi, WC, tempat berjemur, Wi Fi, Ruang Tenaga Kesehatan, Ruang IGD, Ruangan Bertekanan Negatif, Ambulance, mesin cuci, dispenser, AC serta kamera CCTV dan mesin karaoke.

Rumah Sakit Darurat Covid 19 yang terdiri dari dua lantai dengan luas 3.200 meter persegi tersebut awalnya digunakan sebagai barak siaga untuk Prajurit Marinir TNI AL yang akan melaksanakan tugas didalam maupun luar negeri. Berdasarkan gagasan Komandan Korps Marinir dan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 maka barak siaga tersebut di jadikan Rumah Sakit Darurat covid 19 yang diperuntukan untuk semua warga yang berada di Jawa Timur.

Kedatangan Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. di Pangkalan Korps Marinir TNI AL Surabaya tersebut disambut langsung oleh Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono dan Gubernur Jawa Timur serta Pejabat Utama Mabesal dan Pejabat Utama Mako Kormar.

Acara peresmian diawali dengan Tarian Bedoyo Maja Kirana yang disajikan untuk orang nomor satu di TNI AL beserta rombongan dilanjutkan pembukaan oleh MC, Doa, Sambutan Dankormar, Gubernur Jatim dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut sekaligus peresmian Gedung Karang Pucung Pangkalan Marinir Surabaya sebagai Rumah Sakit Darurat covid 19 yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan gong.

Dalam sambutannya Kepala Staf TNI Angkatan Laut mengucapkan terima kasih kepada Komandan Korps Marinir yang telah menyiapkan Rumah Sakit Darurat Covid 19 Karang Pucung.

Lebih lanjut Jenderal Bintang Empat tersebut mengucapkan rasa terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur dan Walikota Surabaya atas dukungan dan kerjasamanya sehingga Rumah Sakit Darurat Covid 19 bisa diresmikan dan dipergunakan oleh masyarakat yang berada di Jawa Timur.

“Saya berharap tidak ada lagi masyarakat yang bingung mencari rumah sakit, mari kita bersatu bersama-sama untuk menangani covid 19 ini, pungkas Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M.

Usai acara peresmian Kasal didampingi Komandan Korps Marinir dan Gubernur Jawa Timur serta Walikota Surabaya melaksanakan Tour Facility untuk melihat sarana dan prasarana yang ada di Rumah Sakit Darurat Covid 19.

Nama Gedung Karang Pucung di ambil dari sebuah Desa yang terdiri dari perbukitan dan pesawahan di Kelurahan Wanarata Kecamatan Bantarbolang Pemalang Jawa Tengah, dimana tempat tersebut dijadikan basis para pejuang Indonesia yang bertempur melawan penjajahan tentara Belanda.

Dankodiklatal, Pejabat Utama Mabesal, Gubernur AAL, Pangarmada 2 dan Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya turut hadir dalam acara peresmian Gedung Karang Pucung sebagai Rumah Sakit Darurat Covid 19.

MC101-Dispen Kormar